Cara Mengurus Nomor Rangka Kendaraan Yang Hilang Karena Keropos

Gudangcara.net

Dalam sebuah kendaraan yang mungkin sudah berumur terkadang ada beberapa komponen yang sudah di makan karat karena terkena hujan dan panas, tak jarang terkadang karat tersebut menjamur dan mengroposi bagian yang terpenting di sebagian komponen kendaraan kamu. seperti hal nya nomor rangka yang terletak pada lapisan plat yang sangat rentan di makan oleh karat.

Namun jika hal ini sudah terjadi di sebuah kendaraan yang kamu miliki kamu bisa kok mengatasi dan mengurus ulang supaya nomer rangka kendaraan mobil kamu dapat di gunakan lagi sewaktu-waktu kamu ingin mengecek fisik kendaraan kamu tersebut.

Inget ya sob, nomor rangka ini penting jika kamu ingin menjual mobil kamu kelak, dan juga jika kamu ingin memperpanjangan plat nomor kendaraan kamu. Kamu harus memiliki salah satunya ya nomor rangka kendaraan bermotor tersebut. jika ada salah satu saja yang ganjil pada nomor kendaraan (nomor rangka mobil kamu) maka kamu tidak akan pernah bisa memperpanjang usia plat nomor mobil kamu.

Jangan pernah melakukan hal yang ilegal jika nomor kendaraan kamu tersebut hilang di makan oleh karat, contoh hal ilegal tersebut adalah dengan menggntok sendiri nomer rangka kendaraan bermotor milik kamu sendiri.
Setiap kendaraan bermotor punya nomor yang mempunyai artistik tulisan yang berbeda-beda jadi jangan sekali-sekali menggentok dan merekondisi nomor rangka kendaraan bermotor kamu. Jika kamu masih nekat melakukan hal tersebut maka hukum pidana akan segera menantimu saat cek fisik berlangsung.

Meskipun mengurus nomor rangka kendaraan bermotor ini di bilang cukup ribet dan sulit tapi lebih baik kamu melakukan dengan cara yang benar agak di kemudian hari kendaraan kamu aman dan nyaman bila ingin di perjual belikan dan di perpanjdang umur surat tanda kendaraan bermotor milik kamu.

Berikut ini adalah prosedur yang harus kamu lewati saat kamu ingin menguru nomor rangka kendaraan bermotor kamu, yuk simak beberapa cara di bawah ini.

#Pertama
Hal pertama yang kamu lakukan adalah dengan mengunjung samsat dimana mobil kamu akan memperpanjang surat menyurat, kemudian kamu minta deh surat pengantar atau berita acara untuk ke polda bahawa benar mobil tersebut telah kehilangan nomor rangka secara murni dan bukan barang yang bermasalah.

#Kedua
Nah setelah kamu dapat surat berita acara dari samsat sekarang kamu bisa menuju ke polda dimana yang telah di tunjuk dan di tulis dalam berita acara dari pihak samsat tersebut. Jangan lupa bawa semua kelengkapan seperti BPKB dan STNK kendaraan bermotor kamu dan tak lupa juga membawa kendaraan yang mana nomor rangkanya telah keropos atau hilang.

#Ketiga
Setelah sampai di polda kamu langsung menuju ke bagian administrasi dan tunjukan surat pengantar dari samsat tersebut ke bagian administrasi polda, kemudian disini kendaraan kamu akan di lakukan dan di cek fisik secara ulang oleh polda sama seperti yang di lakukan oleh pihak samsat.

#Keempat
Setelah kendaraan kamu di cek fisik oleh polda maka turun surat keterangan pengantar dari polda yang di tunjukan ke dealer kendaraan bermotor kamu tersebut sob. setelah dapat surat keterangan dari polda segeralah kamu ke dealer yang di tunjuk di dalam surat pengantar dari polda tersebut. Temui bagian administrasi dan tanyakan dimana jika ingin mengurus nomor kendaraan milik kamu ke bagian administrasi dealer yang kamu tuju. setelah dapat pencerahan segera sodorkan surat keterangan yang di berikan oleh polda ke pihak dealer. Nah sampai disini biasanya pihak dealer akan meminta waktu untuk membuat nomor rangka kendaraan bermotor milik kamu tersebut biasanya seminggu atau sampai dua minggu lamanya, bila perlu kamu minta nomor handphone yang bersangkutan (Dealer) jadi kamu bisa menghubungi terlebih dahulu sebelum ke dealer tersebut apakah nomor rangka kendaraan bermotor kamu telah selesai atau belum.

Ok demikian sharing kita mengenai Cara Mengurus Nomor Rangka Kendaraan Yang Hilang Karena Keropos, Semoga bermanfaat ya sob. (Done)

53 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *