Cara Cek Dinamo Ampere (Alternator) Mobil

cek dinamo ampere mobil
Alternator atau bisa juga di sebut dengan dinamo ampere mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada mobil kamu sob, tanpa alternator maka perputaran arus listrik atau stroom tidak akan pernah ada di dalam bagian mobil kamu. alternator berfungsi untuk memberi asupan listrik ke aki dan panel-panel lainnya seperti lampu dan lain-lain.

Namun terkadang kita gak sadar jika alternator atau dinamo ampere mobil telah tidak layak untuk di pakai karena ada beberapa komponen di dalam alternator tersebut telah aus, dan ini akan membuat alternator mobil kamu kurang bekerja maksimal saat mengisi stroom ke komponen aki dan menyebabkan mobil kamu tekor dan susah di starter.

Alternator sendiri terbagi dua sistem pengisian yaitu alternator dengan sistem Cut Out dan sistem IC, pada dasarnya semua berfungsi untuk memberikan asupan listrik atau stroom ke mobil kamu namun hanya cara pengisiannya saja yang beda antara cara kerja alternator dengan sistem cut out dan dengan sistem IC.

Sistem cut out adalah sistem dengan pengisian jadul atau manual yang harus di setel-setel, jika cut out tidak beres dengan stelannya maka akan berpengaruh pada sistem pengisiannya, bisa jadi sistem pengisian kelebihan dan kekurangan.

Berbeda dengan alternator yang sudah mengadopsi sistem IC, sistem IC adalah salah satu sistem pengisian otomatis dimana IC akan bekerja secara otomatis untuk melakukan asupan listrik ke aki mobil kamu dan gak perlu untuk di setel-setel lagi alias gak ribet.

Namun disini kita akan membahas bagaimana cara mengecek jika alternator mobil kamu yang sudah usang dan harus di rekondisi. yuk kita simak sedikit ulasan berikut ini..

#Pertama
Hal yang pertama yang harus kamu siapkan adalah dengan menyiapkan alat sejenis metal, boleh kunci yang panjang atau obeng yang panjang atau bisa juga pisau dan metal-metal yang lainnya.

#Kedua
Jika kamu sudah mempersiapkan langkah pertama kini coba kamu starter mobil kamu, setelah mobil kamu menyala pada bagian mesin sekarang coba kamu tempelkan metal tersebut pada ujung putaran dinamo ampere atau alternator mobil kamu, jika metal tersebut menempel seperti magnet maka alternator atau dinamo ampere mobil kamu berfungsi dengan baik. Dan sebaliknya jika metal tersebut tidak menempel maka segera service alternator mobil kamu sob, itu tandanya alternator kamu kurang bekerja dengan maksimal dan ada beberapa komponen yang rusak di dalamnya.

#Ketiga
Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek pada bagian kabel masa yang mengarah ke kepala aki mobil kamu sob, coba hidupkan mobil kamu dan copot baut kabel masa yang ada di kepala aki kemudian gesekkan kabel masa tersebut ke kepala aki yang berfungsi sebagai min (-) apakah ada perikan api atau tidak, jika ada percikan api pada kabel masa yang di adu ke kepala aki berarti alternator kamu berfungsi dengan baik. Namun jika tidak ada api yang muncul saat kabel masa di gesekkan berarti pengisian listrik pada alternator kamu kurang bekerja dengan maksimal alias gak ngisi stroom ke aki mobil kamu.

#Keempat
Cara keempat yaitu dengan mengecek skring yang mengarah ke pengisian alternator, coba cek di box skring mobil kamu apakah ada skring yang putus, jika ada salah satu skring yang putus bisa jadi itu skring yang mengarah ke bagian alternator. dan segera ganti skring yang putus tersebut..

Ok sob demikian dulu sharing kita kali ini tentang Cara Cek Dinamo Ampere (Alternator) Mobil, semoga bermanfaat ya.. (Done)

Wirawan

4 Comments

  1. Makasih infonya

  2. Mlm admin bp wirawan , saya sudah melakukan metode di atas, saya sudah mendekatkan kunci pas di depan alternator dan ada sedotan magnet dan sudah saya cek di bagian kabel yang mengarah ke alternator juga masih bagus dan juga di bagian sekreng saya cek dan saya ganti semua dan lampu indikator di dasbor juga mati semua ketika mesin hidup , accu saya cek kan ke tukang accu katanya masih bagus tapi tekor kehabisan setrum dan alternator Kata bengkel nya masih kondisi bagus , terus ini gimana pak ? Ada solusi?

  3. Bugis anton sudalman

    Mlm admin bp wirawan , saya sudah melakukan metode di atas, saya sudah mendekatkan kunci pas di depan alternator dan ada sedotan magnet dan sudah saya cek di bagian kabel yang mengarah ke alternator juga masih bagus dan juga di bagian sekreng saya cek dan saya ganti semua dan lampu indikator di dasbor juga mati semua ketika mesin hidup , accu saya cek kan ke tukang accu katanya masih bagus tapi tekor kehabisan setrum dan alternator Kata bengkel nya masih kondisi bagus , terus ini gimana pak ? Ada solusi?

    Alternator bermasalah.
    Saya juga baru ngalamin. Ternyata beli alternator baru juga tidak mengatasi( merk abal2/ bukan asli.
    Itu permasalahanya di alternator 100%
    Coba ganti aternator intinya posisi msin hidup harus 13volt ke atas. Pokoknya Harga mati. Dibawah itu pasti drop. Orang bengkel ngeyel berarti ilmunya masih cetek.

Leave a Reply