Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Mudah

Kondisi perekonomian yang tidak menentu dan semakin terbatasnya lapangan kerja menjadi kendala tersendiri bagi para fresh graduate untuk mencari pekerjaan yang tepat untuk mereka. Kondisi seperti ini semakin di persulit dengan melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok sehari-hari yang biasanya di barengi dengan kenaikan harga bahan bakar minyak alias BBM.

kerjaan

Nah, dalam ulasan kali ini tim gudangcara.net akan mencoba sedikit “meramu” beberapa tips atau cara untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah dan tepat dengan skill sobat sekalian. Mau tau lebih banyak? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini!

#1. Hubungi semua kolega

Tindakan pertama untuk memperoleh informasi pekerjaan adalah dengan cara menghubungi semua kolega, teman, sahabat, atau keluarga yang sobat miliki terutama mereka yang bisa memberikan referensi pekerjaan. Informasikan kepada mereka bahwa sobat sedang berstatus sebagai pencari kerja yang serius. Biasanya, perusahaan-perusahaan besar akan melihat kualitas calon pekerja atau karyawannya berdasarkan referensi dari orang-orang tertentu.

Nah, jika sobat di referensikan oleh salah satu kolega kita tersebut maka jalan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang sobat inginkan.

#2. Kunjungi bursa kerja

Jangan malu untuk mengunjungi perhelatan bursa kerja, karena biasanya akan ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja di bursa kerja tersebut. Jika di tempat sobat tidak pernah di laksanakan event bursa kerja, silakan sobat mengunjungi kantor Dinas Tenaga Kerja terdekat, karena beberapa perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja biasanya akan memberikan pengumuman bahwa mereka sedang melakukan rekruitmen pegawai lewat kantor dinas tenaga kerja.

#3. Pekerjaan yang sesuai skill

Sangat di sarankan agar sobat mengaplikasikan lamaran pekerjaan sesuai dengan kemampuan atau skill yang sobat miliki. Sebagai contoh, jika sobat memiliki skill untuk memperbaiki kendaraan bermotor, maka ajukanlah aplikasi kerja ke dealer resmi kendaraan bermotor. Hindari mengajukan aplikasi pekerjaan ke perusahaan yang tidak membutuhkan tenaga kerja dengan skill perbaikan kendaraan bermotor.

Pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau skill kita akan terasa lebih mudah untuk di laksanakan jika di bandingkan kalau kita bekerja namun tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk melaksanakan tugas di perusahaan tujuan.

#4. Aplikasi kerja online

Ada ratusan bahkan ribuan lowongan pekerjaan yang ditawarkan secara online. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kita membuat aplikasi lamaran kerja dalam bentuk berkas digital, sehingga sobat dapat mengirimkannya dengan cepat dan mudah lewat internet.

Sobat juga dapat menggunakan website-website perantara pencari kerja seperti JobsDB atau sejenisnya. Isi data sobat dengan lengkap dan akurat di website tersebut, dan jika beruntung sobat akan di hubungi oleh perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kualifikasi sobat.

#5. Sebarkan!

Sebarkan aplikasi atau lamaran kerja sobat ke banyak tempat dan perusahaan. Jangan malu untuk melakukan hal ini, karena bisa saja salah satu tempat atau perusahaan yang sobat masukkan aplikasinya siap untuk menempatkan sobat sebagai staf di perusahaan mereka.

#6. Berwiraswasta?

Nah, ini akan jauh lebih baik! Jika sobat memiliki skill yang mumpuni dan memiliki modal yang cukup, ada baiknya sobat mempertimbangkan untuk membuka lapangan kerja sendiri alias berwiraswasta. Memang pada awal berwiraswasta mungkin kita tidak mendapatkan keuntungan yang terlalu besar, namun seiring perjalanan waktu usaha wiraswasta akan memberikan keuntungan yang lebih besar jika di bandingkan dengan pendapatan sobat sebagai seorang pegawai.

#7. Ora et labora

Tidak ada yang bisa memberikan kemudahan dalam semua hal di dunia ini selain Tuhan yang maha esa. Oleh karena itu, jika sobat tak kunjung mendapatkan pekerjaan ada baiknya sobat terus berdoa dan berpikiran positif sambil tetap berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik untuk sobat.

Demikian tips atau cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah yang telah di rangkum oleh tim gudangcara.net. Semoga bisa bermanfaat! (done)

2 Komentar

  1. arman Balas

    menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

    jika pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan berhenti secara baik-baik, mungkin dapat melakukan kontact kembali dengan perusahaan tersebut untuk bekerja kembali.
    jika hubungan baik dapat kita jaga dan memeliharanya, disaat kita membutuhkannya, perusahaan tersebut pasti akan menerimanya.

    • Wirawan Balas

      Bener tuh mas bro, dengan relasi bisa menciptakan suatu peluang yang tidak terhingga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *