Cara Mencegah Mobil Mati Mendadak Saat Di Perjalanan

Eww… Banyak sekali faktor yang membuat mobil kamu mati mendadak saat lagi asik-asiknya jalan ini adalah salah satu hal yang sangat dan paling menyebalkan sob.. apalagi perjalanan yang kamu tempuh masih panjang dan jauh tiba-tiba mobil mati di tengah jalan pastinya panik dan bete menghampiri diri kamu hehe..

mobil mogok

Namun sebelum semua itu terjadi kamu bisa menanggulanginya lebih dini sob supaya dapat mencegah mobil kamu mogok saat di dalam perjalanan, Ada beberapa cara ringan yang kamu bisa lakukan sendiri di rumah untuk mempersiapkan mobil kamu sebelum melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Yuk kita simak cara-cara mencegah mobil mati mendadak saat di perjalanan berikut ini adalah cara-caranya sob…

#Pertama
Sebelum kamu melakukan perjalanan sebaiknya kamu cek dulu kondisi busi dan kabel busi mobil kamu sob, buka keempat busi mobil kamu dengan menggunakan kunci busi apakah busi masih layak pakai atau tidak. Biasanya busi yang sudah tidak layak pakai busi tersebut sudah hitam legam dan di bagian kepala businya sudah tipis, jika menemukan busi sudah kondisi seperti ini segeralah melakukan penggantian busi mobil kamu dengan busi yang baru dan layak pakai. Eits,, Busi yang lama jangan di buang ya sob lumayankan jika busi tersebut masih hidup bisa di jadikan cadangan atau try and error di saat mobil kamu mogok di kemudian hari.

#Kedua
Hal yang kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek kabel busi yang tadinya businya sudah di copot, apakah ada keretakan atau pecah pada bagian katup kabel busi. cek dari ujung katup yang mengarah ke bagian busi dan bagian platina jika mobil kamu masih menggunakan platina. jika ditemukan ada pecahan pada bagian katup busi segeralah ganti kabel busi tersebut karena jika tidak di ganti dapat mengurangi performa mobil kamu saat di perjalanan karena pengapian pada kabel busi kurang maksimal alias bocor.

#Ketiga
Cek pada bagian platina jika mobil kamu menggunakan platina, apakah arangnya masih tebal atau sudah menipis segera ganti arang platina dengan yang baru sob, harganya cuman 25 ribu sudah dapat yang bagus kok hehe..

#Keempat
Setelah kamu kelar mengecek kabel busi, sekarang saatnya kamu mengecek pada bagian kelistrikan mobil hal yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek bagian komponen aki mobil kamu sob, pastikan air aki mobil kamu tidak kurang dari takaran standartnya. Dan juga pastikan kepala aki mobil kamu tidak kendor dan berkarang.

#Kelima
Setelah itu perhatikan juga pada bagian radiator mobil kamu sob, kuras beberapa kali air radiator mobil kamu dan isi dengan air radiator yang baik untuk mencegah panas pada mesin mobil kamu. dan juga cek pada bagian selang radiator yang mengarah ke rumah keong apakan klem nya sudah merekat dengan baik dan tidak ada kebocoran sekecil apapun pada bagian radiator mobil kamu, jika ada beberapa tetesan air radiator pada mobil kamu segera kamu service radiator mobil kamu ke tukang service radiator mobil terdekat.

#Keenam
Jangan lupa mengganti Timing Belt jika mobil kamu mesinnya menggunakan Timing Belt karena jika putus di jalan kacau bro, ini barang adanya di dalam bagian komponen mesin mobil dan gak mudah nyetelnya kalau sendirian. hal ini tidak berguna bagi mobil yang menggunakan rantai keteng hehe..

Demikianlah share kita kali ini semoga bermanfaat ya sob, cara ini bisa kamu aplikasikan jika pada musim mudik lebaran tiba. (Done)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *