CARA MENGENDARAI MOBIL DENGAN SISTEM SHIFT GEAR ATAU AMT

Melihat dan mengendarai mobil dengan sistem manual dan automatic di indonesia memang bukan hal yang asing lagi, banyak produsen mobil di indonesia mendesign kenyamanan pada konsumen saat akan berkendara terutama pada bagian perseling gigi. Pada umumnya masyarakat luas pasti tau donk fungsi perseling pada mobil itu apa?? Yup untuk mengoper gigi.

Transmisi AMT

Tapi ada yang baru nih sob dengan seiringnya waktu berkembangnya jaman, produsen mobil mengembangkan pada mobil-mobil yang mereka bikin menjadi modern dan juga banyak fitur-fitur canggih yang mereka tanamkan ke dalam mobil mereka baik itu dalam sisi mesin, body dan juga interior.

Kali ini kita akan membahas suatu kecanggihan pada mobil yang bisa berubah perseling menjadi manual dan automatic secara cepat atau di sebut juga dengan Shift Gear atau sistem AM/T, AM/T sendiri adalah singkatan dari Automatic Manual Transmition,
Dimana dalam satu mobil dipadukan dua transmisi yang berbeda dan bisa merubah transmisi ke automatic serta manual secara langsung.

Bagaimana ya cara menggunakan kedua transmisi AMT ini saat driving? yuk simak penjelasannya disini:

#1
Posisikan mobil pada posisi P pada tuas perseling automatic, arti dari huruf P tersebut adalah PARKING, Dimana mobil dalam posisi ini mobil tidak bisa bergerak alias terkunci pada gearboxnya,
Jadi aman untuk Menghidupkan Mesin dan agar menajjaga mobil tidak loncat saat di starter.
Atau kamu bisa memposisikan tuas perseling mobil kamu pada huruf N alias NETRAL, tetapi dengan catatan Hand Brake kamu pada posisi lock ya agar mobil tidak meluncur ke depan atau meluncur mundur jika kamu parkir pada tanjakan atau turunan.

#2
Oper tuas ke bagian huruf D atau di sebut juga dengan Drive fungsi tuas pada huruf D tersebut adalah untuk mengemudikan mobil pada posisi maju. Dan huruf untuk mengemudikan mobil pada posisi mundur.

#3
Pada pembahasan ketiga kali ini kita akan membahasa pada mode tuas perseling manual, kamu tidak perlu memberhentikan mobil kamu ketika mengganti mode dari automatic ke mode manual karena mobil dengan shift gear ini udah canggih sob sambil jalan bisa langsung menggantinya pada posisi automatic atau pada posisi manual.
Geser tuas perseling kamu dari Huruf D ke posisi Huruf M alias MANUAL, jika posisi perseling mobil kamu sudah berada pada posisi M maka sekarang mobil kamu sudah menjadi mobil yang gearbox nya pada posisi manual. Nah sekarang tinggal bagaimana cara memungsikan agar mobil AMT tersebut bisa mengoper gigi seperti pada mobil manual biasanya. Hal ini gampang banget sob, yaitu dengan menggeser pada bagian tuas perseling ke bagian Plus [+] Dan pada bagian [-] untuk mengoper gigi pada mobil AMT tersebut dengan menggeser ke atas (plus) dan ke bawah (minus) untuk menambah dan mengurangi transmisi tanpa menginjak pada bagian kopling.

Memang pada mobil jenis AMT tersebut tidak tersedia pedal kopling sob, karena memang dari namanya juga semi matic di padukan dengan manual ya jadinya lebih condong ke automaticnya.
Tetapi hal ini dapat mempermudah kamu saat menggunakan mode manual pada kondisi jalan yang macet sob, karena gak repot-repot untuk menginjak pedal kopling berkali-kali karena bisa bikin pegel kaki sob… 😀

Berikut adalah Contoh Video Cara Mengemudi Mobil Dengan Sistem Shift Gear atau AMT

Ok demikian dulu Sharing kita tentang bagaimana cara mengendarai mobil dengan perseneling mode A/MT, Semoga cara ini bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa selalu jaga keselematan berkendara ya sob… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *