Cara Mengajari Anak Balita Agar Bisa Mandiri

Cara Mengajari Anak Balita Agar Bisa Mandiri – Memiliki buah hati yang tumbuh besar pasti menjadi hal yang membanggakan bagi orang tua. Perkembangan motoriknya pun sudah semakin membaik. Artinya semakin banyak hal baru yang dikenal dan dipelajarinya.

Selain mengajari mereka untuk pipis misalnya, ada hal lain yang bisa kita ajarkan pada anak-anak agar mandiri. Jangan khawatir, lakukan secara perlahan, nantinya mereka akan terbiasa dan bisa melakukan sendiri tanpa meminta bantuan anda.

Cara Mengajari Anak Balita Agar Bisa Mandiri

Cara Mengajari Anak Balita Agar Bisa Mandiri

Bisa Mandi Sendiri

Saat anak-anak sudah bisa mandi sendiri, sediakan semua kebutuhannya seperti sabun, sampo, sikat gigi dan pasta gigi. Simpan keperluan mereka di tempat yang mudah terjangkau dan tidak membahayakan. Ajari bagaimana caranya membasahi tubuh, menyabuni dan membilasnya.

Begitu juga saat berkeramas, menggosok gigi dan apa yang harus dilakukan ketika selesai buang air kecil atau buang air besar.  Terangkan pada mereka untuk membalut tubuhnya dengan handuk alias tidak telanjang saat keluar dari kamar mandi.

Memilih Pakaian

Biasanya anak-anak balita mulai rewel dan ingin memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya setelah mandi. Agar pakaian anak-anak tidak berantakan saat diambil susun pakaian mereka menurut jenisnya. Bila akan menggantung pakaian mereka, pilihkan lemari pakaian yang memiliki gantungan yang tidak terlalu tinggi.

Ajari anak-anak bagaimana caranya melepas pakaian yang kotor dan mengenakan pakaian yang baru. Media boneka sebagai contoh melakukan ini bisa jadi cara yang mudah untuk mengajari mereka mengganti pakaian.

Merapikan Rambut

Anak-anak balita terutama anak perempuan pun mulai memiliki keinginan untuk menata rambutnya sendiri. Berikan sisir yang mudah digenggam oleh mereka. Beritahu bagaimana seharusnya menyisir dan merapikan rambut sambil bercermin. Anda bisa memberi contoh terlebih dulu sebelum mereka melakukan sendiri.

Mencuci Tangan

Selain membersihkan tangan sebelum tangan, anak-anak balita pun perlu diajari untuk membersihkan tangannya setelah bermain, apalagi kalau bermain di luar. Bila wastafel di rumah anda cukup tinggi, sediakan bangku yang memudahkan mereka.

Sediakan sabun tangan di wastafel dan  beri tahu mereka langkah-langkah yang barus dilakukan saat mencuci tangan. Bila perlu, anda bisa memasang gambar/infografis yang berisi langkah-langkah atau tahapan mencuci tangan.

Membiasakan Makan

Dulu makannya disuapi. Sekarang saatnya anak-anak belajar untuk makan sendiri. Anda bisa mengajari mereka makan sendiri mulai dari mengambil sendiri nasi dan lauk pauknya. Pastikan mereka mengambil porsi yang cukup dan sanggup dihabiskan. Selain memastikan tangannya sudah bersih, ajari anak-anak untuk memulai dan menyudahi makan dengan berdoa.

Beritahu mereka untuk mensyukuri nikmat makanan yang sudah diterimanya. Selesai makan, ajak mereka untuk membantu membereskan sisa makanan dan mencuci tangannya agar bersih kembali.

Merapikan Tempat Tidur

Kemandirian lainnya yang bisa anda ajarkan pada anak-anak balita adalah membereskan tempat tidur setelah bangun tidur, Misalnya dengan merapikan selimut, menyimpan kembali bantal, guling dan boneka pada tempatnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *