Cara Lengkap Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai

Cara Lengkap Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai – Merawat mobil secara berkala adalah hal yang harus dilakukan oleh semua pemilik mobil agar mobil yang dimiliki selalu berada dalam kondisi prima, awet, dan memiliki performa selayaknya mobil yang baru.


Pastikan sobat selalu melakukan perawatan rutin, dan jangan pernah melewatkan jadwal perawatan rutin tersebut agar mobil yang sobat miliki tetap tangguh saat di ajak berlari kencang serta memiliki penampilan luar yang impresif.

Perawatan rutin yang sebaiknya sobat jadwalkan adalah perawatan yang bersifat preventif, sehingga badan dan mesin mobil bisa lebih awet dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

cara-lengkap-merawat-mobil-agar-tetap-awet-dan-nyaman-dikendarai

Cara Lengkap Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai

  1. Memeriksa filter udara
  2. Inspeksi jumlah oli dan tekanan ban
  3. Memeriksa batere / aki
  4. Mengganti busi secara berkala
  5. Memastikan ban berotasi sempurna dan seimbang
  6. Membersihkan windshield dan mengganti wiper
  7. Memeriksa kondisi belts mesin
  8. Memeriksa pendingin udara
  9. Mengecek kondisi rem
  10. Menggunakan cover mobil

#1. Memeriksa filter udara

Filter udara mobil merupakan bagian yang sering terlupakan untuk di ganti atau di bersihkan, padahal tidak terlalu sulit untuk membersihkan atau menggantinya sendiri tanpa bantuan dari montir atau petugas bengkel.

Idealnya filter udara di ganti setiap setahun sekali atau setelah di kendarai kurang lebih 12.000 kilometer.

Filter udara yang tidak pernah di bersihkan atau diganti berpotensi untuk menyumbang masalah pada sistem pendinginan dan mengurangi sirkulasi udara yang bersih di dalam mobil.

#2. Inspeksi jumlah oli dan tekanan ban

Jumlah oli dan tekanan ban juga sangat sering terlupakan, bahkan terkadang kita menganggapnya sebuah hal yang sepele. Padahal pengecekan oli dan tekanan ban dapat di lakukan dengan mudah, dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Cobalah untuk memeriksa secara berkala oli mesin, dan segera lakukan ganti oli jika oli sudah terlihat mulai menjadi berwarna keruh dan hitam. Sembari memeriksa oli mesin, sobat juga bisa melakukan pemeriksaan oli power steering di saat yang bersamaan.

Untuk tekanan ban, sobat dapat memeriksanya dengan menggunakan pompa yang memiliki meter / indikator tekanan angin di dalam ban. Pastikan tekanannya berada di angka yang di rekomendasikan, agar ban bisa lebih awet dan tahan lama.

#3. Memeriksa batere / aki

Lakukan pemeriksaan tegangan aki mobil, dan jangan sampai menunggu di ganti saat aki sudah kehabisan daya listrik. Dalam kondisi aki yang sudah lemah, mobil akan sangat sulit atau bahkan tidak bisa di hidupkan sama sekali.

Bayangkan jika hal ini terjadi saat sobat melakukan perjalanan jauh dan tiba-tiba aki mobil yang sobat kendarai kehabisan daya, padahal kondisi sudah berada di malam hari. Tentunya hal ini akan membuat sobat sangat kerepotan!

#4. Melakukan penggantian busi

Jika sobat merasakan mesin mobil menjadi kurang responsif, sering ngadat, atau sulit untuk di start, maka sebaiknya sobat melakukan pemeriksaan pada busi. Gantilah busi secara berkala dan pastikan busi yang sobat gunakan benar-benar kompatibel dengan mesin mobil yang sobat miliki.



#5. Memastikan ban berotasi sempurna dan seimbang

Setiap ban yang digunakan pada sebuah mobil bisa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karenanya, sobat harus dapat memastikan seluruh roda ban dapat berjalan selaras dan seimbang.

Roda yang tidak selaras dan seimbang dapat menyebabkan mobil sulit untuk di kendarai dengan baik, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan.

#6. Membersihkan windshield dan mengganti wiper

Kaca mobil, terutama kaca depan harus berada dalam kondisi yang bersih agar pengemudi mobil bisa memiliki pandangan yang jelas saat melaju di jalanan. Jika sobat membiarkannya berdebu dan berjamur, sudah dapat di pastikan hal ini akan menghambat pandangan dan membuat visibilitas pengendara berkurang.

Selain itu, sobat juga harus memperhatikan kondisi wiper, terutama di saat musim hujan tiba, karena wiper yang aus dapat menyebabkan kerusakan pada kaca mobil.

cara-lengkap-merawat-mobil-agar-tetap-awet-dan-nyaman-dikendarai

#7. Memeriksa kondisi belts mesin

Pada mesin mobil biasanya terdapat beberapa belt yang berputar pada saat mesin di hidupkan. Nah, sobat wajib memastikan setiap belt ini dapat berputar dengan efisien dan kondisi karetnya harus dalam keadaan layak pakai. Pemeriksaan belt tidak harus dilakukan terlalu sering. Cukup lakukan pemeriksaan setiap mobil dikendarai 10.000 kilometer.

#8. Memeriksa pendingin udara

Sistem pendingin udara, terutama pada bagian hose / selang yang membawa freon bertekanan tinggi biasanya menjadi rentan kerusakaan jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi pastikan kondisi selang dan saluran udara dingin bisa beroperasi dengan maksimal, sehingga kabin akan terasa dingin secara menyeluruh.

#9. Memeriksa kondisi rem

Jika sistem pengereman dapat berjalan dengan baik dan efisien, maka dapat di pastikan kondisi keamanan penumpang mobil dapat lebih terjamin. Namun faktanya, kebanyakan pemilik mobil justru melewatkan perawatan rem secara berkala, padahal penggantian kanvas rem dapat di lakukan dengan mudah dan cepat oleh petugas bengkel atau montir.

Pada mobil yang sering digeber dalam waktu yang lama, sangat di rekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan rutin setidaknya dua tahun sekali untuk memastikan sistem pengeremannya bisa berjalan sempurna.

#10. Menggunakan cover mobil

Daerah tropis seperti halnya di Indonesia sangat kaya dengan paparan sinar matahari yang panas dan terik. Kondisi panas dan terik dari paparan sinar matahari dapat merusak cat dan material eksterior mobil.

Oleh karenanya, jika sobat berencana untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama, sebaiknya sobat menutup mobil dengan menggunakan cover mobil.


Okey sob, demikianlah sedikit ulasan tentang Cara Lengkap Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Dikendarai. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua!

Artikel Pilihan

Cara Memilih Mobil Klasik Yang Tangguh di Tanjakan Pada bahasan kali ini kita akan membahas mobil tua yang tangguh di medan tanjakan, jika kamu tinggal di dataran tinggi yang banyak tanjakan serta turu...
Ini Dia 3 Cara Mudah Cek Kleher Atau Bearing Yang ... Ini Dia 3 Cara Mudah Cek Kleher Atau Bearing Yang Rusak - Bearing roda merupakan suatu bagian penting dalam mobil. Untuk itulah bearing roda harus di ...
Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO Panca Datsun Go panca adalah sebuah mobil LCGC yang di keluarkan oleh PT Nissan Motor Indonesia sudah banyak merebut hati masyarakat indonesia untuk memilik...
Pahami! Begini Cara Kerja Penipu Penjual Mobil Bek... Pahami! Begini Cara Kerja Penipu Penjual Mobil Bekas - Pada kondisi tertentu terkadang mobil bekas menjadi pilihan konsumen otomotif di indonesia, den...
Cara Mencari Jodoh Online Di Internet Secara Grati... Cara Mencari Jodoh Online Di Internet Secara Gratis - Memiliki dan mempunyai pendamping hidup bagi setiap manusia adalah hal yang paling di dambakanny...
Cara Membuat Resep Rahasia Nasi Goreng Lezat Siapa yang tak mengenal masakan kuliner asal indonesia yang satu ini, nasi goreng.. Ya, pasti kamu semua pernah kan makan nasi goreng, tau gak ternyat...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *