Cara Untuk Mencegah Penyakit Khusus Pegawai Kantoran

Cara Untuk Mencegah Penyakit Khusus Pegawai Kantoran – Peralatan kantor seperti komputer, AC maupun lift yang biasanya ada di kantor dapat mengganggu kesehatan secara tidak langsung. Tetapi kita juga dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan tersebut dengan melakukan hal-hal sehat di kantor. Berikut tips dari gudangcara.net untuk mengurangi masalah kesehatan bagi pegawai kantor.


Cara Untuk Mencegah Penyakit Khusus Pegawai Kantoran

cara-untuk-mencegah-penyakit-khusus-pegawai-kantoran

Beri Waktu Kaki untuk Bergerak

Studi yang dilakukan selama 8 tahun terhadap 13.000 orang menunjukkan, orang yang berjalan kaki 30 menit per hari secara signifikan akan mengurangi kemungkinan meninggal lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga. Demikian dilaporkan the American Council of Exercise.

Tips :

  • Sobat bisa berjalan-jalan di lorong setiap 1-2 jam sekali untuk melepas kepenatan.
  • Bila ada yang harus dibicarakan dengan rekan kerja, jangan bergantung pada telepon, e-mail, SMS, messenger, dan sejenisnya. Datangi saja rekan kerja tersebut dengan berjalan kaki.
  • Jangan membiasakan diri selalu minta bantuan OB (office boy) melakukan hal-hal yang bisa sobat lakukan sendiri, misalnya menyuruh OB untuk membelikan makan siang. Cobalah jalan sendiri atau bareng teman ke kantin di sekitar kantor untuk makan siang.

Rapat Ditemani Aneka Buah Segar

Mendiskusikan ide-ide atau adu argumentasi selagi rapat bakal tetap sehat jika ditemani buah-buahan segar, ketimbang kue-kue tinggi kalori, lemak, dan garam. Gorengan meski enak, sangat tinggi lemak jenuh.

Tips :

  • Diet kaya buah dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lain, misalnya penyakit jantung koroner.
  • Mengurangi risiko diabetes melitus.
  • Menangkal kanker, seperti kanker mulut, perut, kolon.
  • Mengurangi risiko batu ginjal dan membantu menangkal hilangnya massa tulang (terutama buah yang kaya potasium, misalnya pisang).
  • Mendapatkan berat badan ideal alias melangsingkan.

Naik Tangga Lebih Cepat



Naik tangga sebagai pengganti lift (elevator) lebih dianjurkan untuk meningkatkan aktivitas fisik. Penelitian terbaru bahkan menegaskan bahwa naik tangga ternyata lebih menghemat waktu jika sobat hanya perlu naik dua atau tiga lantai saja.

Tips:

  • Naik beberapa anak tangga akan membakar kalori 10 kali lebih banyak daripada berdiri diam di dalam lift.
  • Pemborosan waktu untuk menunggu giliran menggunakan lift, berdiri diam di dalam lift, bisa mencapai 62 menit per hari.
  • Naik tangga berarti sobat telah berkontribusi dalam gerakan hemat listrik.

Rajin Pakai Pelembab

Udara dingin yang dipancarkan alat penyejuk ruangan (AC) dapat menyebabkan kulit kering. Tidak hanya kulit wajah, tangan dan kaki juga perlu diberi pelembab lebih sering (bisa tiga kali sehari) bila berada di ruang ber-AC.

Tips:

  • Tidur cukup supaya sel-sel kulit berkesempatan memperbaiki diri.
  • Olahraga teratur dan memijat kulit secara lembut, sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan pasokan oksigen ke jaringan kulit lebih baik.
  • Banyak minum air putih.
  • Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran, vitamin A, C, dan sulfur agar kulit lebih lembut dan tampak muda.
  • Hindari konsumsi kafein, gula berlebih, cokelat, makanan yang digoreng, alkohol dan merokok.

Biarkan Mata Beristirahat

Berlama-lama didepan layar komputer untuk menyelesaikan pekerjaan dapat membuat mata mudah lelah, perih, tegang, dan kering.

Belum lagi efek warna dari lampu neon pada retina serta pengaruh penyejuk ruangan yang membuat mata cepat kering.


Tips:

  • Seringlah berkedip jika bekerja di depan komputer untuk membasahi bola mata.
  • Setiap satu jam sekali, alihkan pandangan mata sobat dari layar komputer. Coba arahkan pandangan ke benda berjarak dekat, dan makin lama makin jauh, bila mungkin hingga 6 meter. Akan lebih menyejukkan jika sobat memandang kehijauan taman atau pepohonan.
  • Sesekali pejamkan mata supaya lebih rileks.
  • Jika mata sobat mulai bermasalah misalnya menjadi minus, segeralah gunakan kacamata yang cocok.
  • Bagi pengguna lensa kontak, jaga mata agar tidak kering.
  • Konsumsi sumber vitamin A, C, E, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk mata.

Artikel Pilihan

Pahami! Begini Cara Kerja Penipu Penjual Mobil Bek... Pahami! Begini Cara Kerja Penipu Penjual Mobil Bekas - Pada kondisi tertentu terkadang mobil bekas menjadi pilihan konsumen otomotif di indonesia, den...
Cara Mudah Agar Badan Gemuk Dan Berisi Secara Alam... Cara Mudah Agar Badan Gemuk Dan Berisi Secara Alami - Memiliki postur badan yang agak terlihat agak gemuk dan berisi memang dambaan bagi seseorang yan...
Cara Mudah Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Cara Mudah Membedakan Pleci Jantan Dan Betina - Burung pleci adalah jenis burung yang banyak di temui di daratan asia tenggara khususnya di indonesia....
Cara Mudah Sharing File Dari Android Ke Laptop/PC Cara Mudah Sharing File Dari Android Ke Laptop/PC - Sebuah file sekarang bisa di buat dengan  mudah melalui smartphone android, namun bagaimana carany...
Mengenal Spesifikasi dan Harga Daihatsu Great New ... Kondisi pasar otomotif yang bergejolak tidak menjadi kendala yang berarti untuk penjualan multi purposes vehicles (MPV) yang di bundel dengan harga le...
Cara jitu memilih motor matic seken Boomingnya motor matic di indonesia beberapa tahun kebelakangan ini menjadikan banyak sekali peminat pada motor-motor matic, selain itu di dukung pa...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *