6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat

6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat – Agar tubuh dapat berfungsi dapat berfungsi secara optimal, maka di butuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Tidak di anjurkan secara berlebihan, atau sebaliknya makan dalam jumlah yang sangat sedikit.


Nah, dalam kesempatan kali ini redaksi gudangcara.net akan mengungkap tentang pola makan yang berlebihan. Mau tau apa saja yang menyebabkan seseorang makan dalam jumlah berlebihan, efek buruk, dan cara mencegah makan secara berlebihan? Simak ulasan singkatnya disini!

cara-mencegah-makan-secara-berlebihan-dan-tidak-sehat

Penyebab Makan Dalam Jumlah Besar / Berlebihan

Diet yang salah

Beberapa orang berpikir dengan menahan makan mereka bisa menurunkan berat badan, padahal semakin mereka merasa lapar maka semakin banyak pula kalori yang di butuhkan. Dan akibatnya pada saat mengambil makan mereka akan makan berlebihan tanpa di sadari mereka sadari.

Oleh karena itu sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi saat sobat akan merencanakan untuk berdiet.

Stress

Siapa yang pernah makan besar karena stress? Hayo ngaku! Bener banget, stress adalah salah satu penyebab yang bisa merubah pola makan. Salah satunya adalah menyebabkan makan dalam jumlah yang over alias berlebihan

Faktor Genetik

Faktor genetik juga mempengaruhi pola makan seseorang. Jika orang tua sobat memiliki pola makan dalam jumlah besar, maka kemungkinan sobat juga akan akan memiliki pola makan yang sama.

Beban Kerja / Workload

Beban kerja sangat mempengaruhi jumlah makanan yang biasanya kita makan. Saat kita bekerja keras, maka tubuh juga membutuhkan asupan kalori yang lebih besar.



Efek Buruk Makan Secara Belebihan

Pola makan secara berlebihan yang tidak di imbangi dengan kegiatan fisik yang cukup akan mengakibatkan penumpukan kalori dan lemak di dalam tubuh. Dalam jangka panjang penimbunan ini akan menjadikan tubuh gemuk.

Selain itu berbagai macam resiko ancaman kesehatan juga bisa datang tanpa di sadari, misalnya gangguan kolesterol, cepat lelah, gangguan peredaran darah, dan sebagainya.

6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat

Penuhi makanan berserat

Konsumsilah buah-buahan atau sayur-sayuran yang berserat tinggi, agar mampu membuat kita kenyang lebih lama sehingga memperlambat jam lapar.

Konsumsi makanan berprotein

Mengkonsumsi protein yang tinggi terdapat pada makanan bisa membuat kita kenyang lebih cepat dari pada karbohidrat dan lemak.

Minum cukup air

Lapar dan haur itu berbanding lurus, karena rasa haur terkadang disalah artikan menjadi rasa lapar, jadi minumlah air secara berkala untuk mencegah nafsu makan berlebihan. Minum pula segelas air sebelum makan besar, jangan terlalu banyak minum dengan berbagai macam rasa apalagi minuman yang memiliki rasa manis.

Makan secara berkala

Tentukan pola makan yang benar dan senyaman nya waktu anda, dan hindari tidak makan apapun lebih dari 5 jam untuk menjaga agar gula darah tetap stabil dan nafsu makan tidak besar.

Waspada terhadap stress

Tidak jarang orang akan makan berlebihan khususnya para wanita apabila dilanda stress dan emosional menyerang, dan tidak jarang juga saat itu cenderung ingin makan makanan manis seperti coklat dan es krim.

Tidur pada waktunya

Jangan terlalu banyak begadang atau kurang tidur maupun sering susah tidur, karenan tubuh menjadi mudah lelah, maka saat itulah nafsu makan menjadi tinggi dan ingin terus ngemil tanpa henti akibat reaksi untuk mengurangi rasa lelah tersebut. Tidurlah yang cukup dan selalu pada waktunya ketika tubuh perlu istirahat.

Makan yang berlebihan, nafsu makan tinggi, serta makan secara emosional merupakan hal yang bisa merusak diet, namun dari beberapa solusi di atas bisa sobat coba untuk mencegah makan yang lebihan dan gila-gilaan.


 

Artikel Pilihan

Cara Ampuh Membersihkan Emblem Mobil Agar Mengkila... Emblem mobil adalah salah satu bagian dari pada mobil yang posisinya berada di luar tepatnya di depan dan di belakang body mobil, emblem mobil mempuny...
Cara Mudah Modifikasi Tongkrongan Mobil Klasik Bagaimana ya cara memodifikasi mobil tua kita agar tongkrongannya menawan di mata orang-orang yang melihatnya? Apalagi ketika orang lain melihat mobil...
Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil Kebocoran ban pada mobil dapat menimbulkan bahaya terutama bahaya kecelakaan di jalan raya. Agar hal ini tidak terjadi pada sobat, maka kali ini gudan...
Cara Mengatasi Perasaan Galau Dengan Mudah dan Men... Cara Mengatasi Perasaan Galau Dengan Mudah dan Menyenangkan – Perasaan galau bisa datang kapan saja dan di mana saja. Kegalauan biasanya datang karena...
Cara Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem Pernahkah kamu mengalami pada saat mengendarai mobil di kecepatan tinggi atau mungkin sedang berada di kecepatan biasa-biasa saja kok tiba-tiba pas ...
Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO Panca Datsun Go panca adalah sebuah mobil LCGC yang di keluarkan oleh PT Nissan Motor Indonesia sudah banyak merebut hati masyarakat indonesia untuk memilik...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *