6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat

6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat – Agar tubuh dapat berfungsi dapat berfungsi secara optimal, maka di butuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Tidak di anjurkan secara berlebihan, atau sebaliknya makan dalam jumlah yang sangat sedikit.


Nah, dalam kesempatan kali ini redaksi gudangcara.net akan mengungkap tentang pola makan yang berlebihan. Mau tau apa saja yang menyebabkan seseorang makan dalam jumlah berlebihan, efek buruk, dan cara mencegah makan secara berlebihan? Simak ulasan singkatnya disini!

cara-mencegah-makan-secara-berlebihan-dan-tidak-sehat

Penyebab Makan Dalam Jumlah Besar / Berlebihan

Diet yang salah

Beberapa orang berpikir dengan menahan makan mereka bisa menurunkan berat badan, padahal semakin mereka merasa lapar maka semakin banyak pula kalori yang di butuhkan. Dan akibatnya pada saat mengambil makan mereka akan makan berlebihan tanpa di sadari mereka sadari.

Oleh karena itu sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi saat sobat akan merencanakan untuk berdiet.

Stress

Siapa yang pernah makan besar karena stress? Hayo ngaku! Bener banget, stress adalah salah satu penyebab yang bisa merubah pola makan. Salah satunya adalah menyebabkan makan dalam jumlah yang over alias berlebihan

Faktor Genetik

Faktor genetik juga mempengaruhi pola makan seseorang. Jika orang tua sobat memiliki pola makan dalam jumlah besar, maka kemungkinan sobat juga akan akan memiliki pola makan yang sama.

Beban Kerja / Workload

Beban kerja sangat mempengaruhi jumlah makanan yang biasanya kita makan. Saat kita bekerja keras, maka tubuh juga membutuhkan asupan kalori yang lebih besar.



Efek Buruk Makan Secara Belebihan

Pola makan secara berlebihan yang tidak di imbangi dengan kegiatan fisik yang cukup akan mengakibatkan penumpukan kalori dan lemak di dalam tubuh. Dalam jangka panjang penimbunan ini akan menjadikan tubuh gemuk.

Selain itu berbagai macam resiko ancaman kesehatan juga bisa datang tanpa di sadari, misalnya gangguan kolesterol, cepat lelah, gangguan peredaran darah, dan sebagainya.

6 Cara Mencegah Makan Secara Berlebihan dan Tidak Sehat

Penuhi makanan berserat

Konsumsilah buah-buahan atau sayur-sayuran yang berserat tinggi, agar mampu membuat kita kenyang lebih lama sehingga memperlambat jam lapar.

Konsumsi makanan berprotein

Mengkonsumsi protein yang tinggi terdapat pada makanan bisa membuat kita kenyang lebih cepat dari pada karbohidrat dan lemak.

Minum cukup air

Lapar dan haur itu berbanding lurus, karena rasa haur terkadang disalah artikan menjadi rasa lapar, jadi minumlah air secara berkala untuk mencegah nafsu makan berlebihan. Minum pula segelas air sebelum makan besar, jangan terlalu banyak minum dengan berbagai macam rasa apalagi minuman yang memiliki rasa manis.

Makan secara berkala

Tentukan pola makan yang benar dan senyaman nya waktu anda, dan hindari tidak makan apapun lebih dari 5 jam untuk menjaga agar gula darah tetap stabil dan nafsu makan tidak besar.

Waspada terhadap stress

Tidak jarang orang akan makan berlebihan khususnya para wanita apabila dilanda stress dan emosional menyerang, dan tidak jarang juga saat itu cenderung ingin makan makanan manis seperti coklat dan es krim.

Tidur pada waktunya

Jangan terlalu banyak begadang atau kurang tidur maupun sering susah tidur, karenan tubuh menjadi mudah lelah, maka saat itulah nafsu makan menjadi tinggi dan ingin terus ngemil tanpa henti akibat reaksi untuk mengurangi rasa lelah tersebut. Tidurlah yang cukup dan selalu pada waktunya ketika tubuh perlu istirahat.

Makan yang berlebihan, nafsu makan tinggi, serta makan secara emosional merupakan hal yang bisa merusak diet, namun dari beberapa solusi di atas bisa sobat coba untuk mencegah makan yang lebihan dan gila-gilaan.


 

Artikel Pilihan

Cara Merawat Cat Mobil Agar Awet Warna atau cat yang menempel pada mobil adalah salah satu hal yang sangat penting dan vital, tanpa cat pada dinding plat mobil maka warna dan rupa mob...
New Honda Civic 2016 Akan Segera Mengaspal di indo... Siapa yang tak kenal dengan mobil  yang sudah melegenda yang satu ini mobil pabrikan jepang yang satu ini sudah berperan di indonesia sendiri seja...
Specifications and Pricing New PEUGEOT 308 GTI Compact cars of Peugeot were good for many years ago surprises. With pleasure we recall the 205 GTI as Group B monsters. When he had 16 Turbo Trellis ...
Cara Memilih Dan Merawat Suzuki Jimmy Katana Seken Ngomongin soal mobil mini jeep, sejenak terbersit dengan produk mini jeep buatan jepang yakni suzuki jimmy dan katana. Suzuki jimmy dan katana sendiri...
Detil! Harga Spesifikasi Interior Dan Exterior Mit... Mitsubishi Pajero Sport 2017| Sesudah diawal mulanya kita bertaaruf dgn All New Triton, kini Mas Sena dapat menggandeng Kamu seluruh kembali mengenal ...
Ini Dia 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Y... 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Yang Berkualitas - Bearing atau leher adalah salah satu bagian roda dimana fungsinya adalah sebagai peminimal...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *