Cara Agar Menjadi Atasan Yang Disukai Karyawan

Cara Agar Menjadi Atasan Yang Disukai Karyawan – Sebagian dari kita percaya, bahwa kemampuan memimpin atau yang lebih dikenal dengan istilah leadership adalah bakat alami. Dan leadership ini memiliki peranan penting untuk dapat membentuk tim kerja yang hebat dan loyal.

Tapi bukan tidak mungkin orang yang tidak punya bakat alami memimpin atau tidak memiliki bakat leadership bisa menjadi atasan yang hebat dan di sukai karyawannya.

Apakah sobat saat ini bekerja dan memiliki posisi strategis sebagai seorang atasan, misalnya supervisor atau manajer? Dan apakah sobat tidak memiliki kemampuan leadership yang baik? Apakah sobat ingin di hormati dan di sukai oleh bawahan?

cara-agar-menjadi-atasan-yang-disukai-karyawan

Gampang! Ada kok beberapa cara yang dapat sobat terapkan agar bisa menjadi atasan yang sukai karyawan. Berikut metode  agar sobat bisa menjadi bos yang dicintai dan di sukai oleh para karyawan.

Cara Agar Menjadi Atasan Yang Disukai Karyawan

Terapkan pola kepemimpinan situasional

Dari semua model kepemimpinan yang ada, model kepemimpinan situasional merupakan model yang cocok di terapkan, terutama oleh wanita. Sebab, model kepemimpinan ini secara kontinyu dapar menganalisis semua kebutuhan perusahaan dan bawahan. Dengan metode ini sobat dapat menjadi wanita tepat pada tempat dan waktu yang tepat pula.

Evaluasi kekuatan dan kelemahan secara kontinyu

Menurut penelitian yang dilakukan secara global, kejelasan organisasi, kemampuan manusia, komitmen karyawan, kepercayaan dan keyakinan diri dalam memimpin merupakan hal penting yang mempengaruhi kepuasan karyawan dalam organisasi.

Karena itu, lakukan evaluasi secara terus menerus seputar kekuatan dan kelemahan sobat dalam memimpin agar sobat bisa terus produktif.

Berdayakan semua kemampuan dalam perusahaan

Menurut Meredith Belbin, penulis ‘Management Teams: Why They Succeed or Fail’, setiap elemen perusahaan memiliki satu peran, bahkan lebih, yang mempengaruhi kinerja perusahaan.

Kunci tim yang baik dan efisien adalah menciptakan keseimbangan sehat dari setiap individu, atau identifikasi peran yang sobat butuhkan dari masing-masing anggota tim, meskipun peran itu bukan kemampuan alami mereka.

Adil dan bertanggung jawab

Atasan yang baik harus mampu menilai dengan objektif kelebihan dan kekurangan staf. Mampu mengenali dan mengembangkan potensi staf. Berikan kesempatan bagi staf untuk menunjukkan potensinya. Berikan pula penghargaan bagi staf berprestasi.

Selain itu, berani mengambil tanggung jawab. Bila ada tugas tidak berjalan dengan semestinya, seorang atasan yang baik akan mengambil tanggung jawab dan melakukan perbaikan, bukan mencari kambing hitam.

Entertainment? Kenapa tidak!

Setiap anggota tim dalam pekerjaan kadang-kadang bisa menjadi jenuh karena rutinitas yang mereka jalankan setiap hari. Nah, sesekali sebaiknya sobat mentraktir mereka untuk makan-makan atau karaoke bareng.

Dengan cara seperti ini mereka bisa terhibur dan bisa melupakan sejenak rutinitas kerja yang membosankan.

Oke sob, segitu dulu yang dapat gudangcara.net sampaikan tentang cara menjadi atasan yang di sukai karyawan atau bawahan. Semoga bisa memberikan manfaat ya!

gcadmin
Leave a Reply