Kenali Cara Ampuh Mengatasi Stress Pada Saat Hamil

cara-ampuh-mengatasi-stress-pada-saat-hamil

Cara Ampuh Mengatasi Stress Pada Saat Hamil – Stress memang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari, dan menyerang siapa saja baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab stress biasanya dari beberapa faktor salah satunya adalah faktor lingkungan dimana kita berada, dan lingkungan dalam keluarga.

Setiap keluarga biasanya memiliki kebahagiannya tersendiri, apa lagi hadirnya buah hati yang di inginkan akan menambah suana yang ceria dan bahagia. Namun ada kalanya seorang wanita saat hamil menghadapi banyak rintangan yang perlu di hadapinya, diantaranya adalah perkembangan pada janin dalam kandungan.

Hal ini tentunya akan sangat menguras tenaga dan pikiran para calon ibu, sehingga terkadang membuat calon ibu menjadi stress. Untuk menghindari hal-hal tersebut sang ibu hamil dapat melakukan metode-metode yang membantu mengatasi stress saat hamil, berikut ini ada beberapa cara mengatasinya.

cara-ampuh-mengatasi-stress-pada-saat-hamil
Image courtesy Paul Lin

Cara Ampuh Mengatasi Stress Pada Saat Hamil

Luangkan Waktu Untuk Santai

Stress di saat hamil memang sangat mengesalkan apa lagi padatnya waktu yang harus di lalui, untuk menghilangkan rasa tersebut anda bisa mencoba untuk luangkan waktu bersantai bersama keluarga.

Kunjungi lokasi dimana anda bisa merasakan ketenangan. Kurangi kesibukan yang memerlukan banyak pikiran dan menguras tenaga, hal ini sangat baik untuk menjaga pikiran agar tidak mengalami stress.

Terbuka Dalam Berbagai Masalah

Hidup memang selalu di penuhi dengan masalah, apalagi yang telah menjalani hubungan berumah tangga pasti banyak maslah-masalah yang di hadapi, namun kalau tidak ada masalah tersebut sebuah keluarga tidak akan merasakan suatu rasa keharmonisan.

Coba lah selalu terbuka pada keluarga anda, selalu renungkan dan diskusikan dengan suami, keluarga apa saja hal-hal yang menjadi beban berat pikiran anda agar stress tidak berkepanjangan.

Hindari Makanan yang Kurang Baik

Terkadang seorang ibu hamil selalu minta makanan yang aneh-aneh saat ngidam, padahal itu tidak baik untuk kesehatannya, cobalah untuk menjaga asupan makanan agara bisa membantu ibu hamil menekan risiko stres dan depresi, selalu konsumsi makanan seimbang dan bernutrisi.

Olah Raga yang Tepat

Tubuh yang sehat sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jiwa dan pikiran, seperti halnya melakukan senam khusus untuk Ibu hamil dapat meningkatkan mood anda dan akan memperlancar saat proses persalinan tiba.

Terapi Musik dan Aroma Terapi

Mendengarkan musik Mozart, Beethoven atau menonton acara TV yang anda senangi adalah salah satu cara untuk mengatasi stress saat hamil dan juga memberi pengaruh positif pada janin. Selain mendengarkan musik, minyak aroma terapi juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres.

Minyak aroma terapi akan membantu merangsang otak dan memberi ketenangan pada diri anda. Anda dapat memilih aroma favorit anda atau dapat mencoba aroma yang dikenal memiliki sifat penenang.

Istirahat yang Cukup

Saat menjalani kehamilan, usahakan tidur yang cukup agar kondisi badan dan pikiran menjadi tenang agar hormon pemicu stres seperti hormon kortisol tidak meningkat. Istirahat nyaman dan cukup selain di rumah, pilih tempat berlibur yang nyaman dan tenang. Perhatikan pula posisi istirahat yang tepat bagi ibu hamil.

Memahami Kehamilan

Tidak jarang orang-orang tidak paham dengan ada kehamilan pada dirinya sendiri dan sering tberkata bahwa hamilnya ini apakah wajar atau tidak, pada dasarnya itu akan memunculkan pikiran yang negatif sehingga mengundang rasa stress.

Coba memahami bahwa apa yang Anda rasa adalah normal agar bisa mengatasi stress saat hamil, ketika pikiran-pikiran negatif itu muncul.

Cari Tahu Semua Hal Tentang Kehamilan

Perbanyak pengetahuan tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda, dan persenjatai diri Anda dengan mengetahui kemungkinan apa yang akan terjadi di depan nanti, selalu coba untuk membaca atau browsing di Internet Tentang Kehamilan agar dapat menambah pengetahuan Anda.

Lakukan Pijat Relaksasi

Cara lain untuk mengatasi stress saat hamil dan ketegangan selama kehamilan adalah dengan melakukan pijat relaksasi, tetapi hal ini harus dilakukan oleh ahli pijat relaksasi. Pijat relaksasi dapat membantu tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih rileks kembali. Jika memungkinkan, coba cari spa yang menawarkan pijatan khusus untuk ibu hamil.

Selalu Konsultasi pada Dokter setiap Agenda

Konsultasikan dengan dokter. Sebisa mungkin, sampaikan semua keluhan dan perasaan tak nyaman Anda agar bisa didiskusikan dengan dokter kepercayaan Anda. Dokter akan menilai apakah Anda membutuhkan pengobatan medis atau psikologis sehingga tindak pencegahan bisa segera dilakukan. Simpan dan catat kegiatan-kegiatan harian di dalam buku harian.

Demikian Cara Ampuh Mengatasi Stress Pada Saat Hamil, Semoga artikel ini bisa berguna buat anda sekali dan selalu jaga kesehatan tubuh anda di saat hamil jangan pernah berpikir hal yang negatif, ketahuilah anda tidak sendirian ada orang-orang yang selalu bisa di samping anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *