Cara Mudah Agar Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

Cara Mudah Agar Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama – Printer merupakan salah satu bagian perangkat keras pada komputer yang memiliki beberapa kompunen yang penting salah satunya adalah cartridge head yang berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta pada printer. Cartridge sendiri berfungsi sebagai wadah tampungan tinta yang akan mengalir ke head.


Ada beberapa produsen yang menggabungkan kedua komponen (head dan cartridge) tersebut menjadi satu, namun ada juga produsen yang tidak menggabungkan komponen tersebut menjadi satu. Salah satu produsen yang tidak menggabungkan komponen head dan cartridge menjadi satu adalah EPSON.

cara-mudah-agar-cartridge-printer-awet-dan-tahan-lama

Cara Kerja Head Cartridge pada semua Printer

Pada saat printer bekerja, akan terjadi sebuah proses yang di instruksikan oleh board printer yang akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Head akan mengatur filamen pemanas yang ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yang harus dikeluarkan untuk sebuah gambar atau tulisan.

Jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yang berlebihan akan membuat catridge cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga.



Oleh karena itu, jangan biarkan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama karena akan merusak head.

Bagaimana cara agar cartridge printer awet dan tahan lama? Simak caranya berikut ini!


Cara Mudah Agar Cartridge Printer Awet dan Tahan Lama

  • Hindari untuk memprint dalam jumlah banyak secara langsung, sobalah untuk kasih jeda waktu kurang lebih dua sampai lima menit apabila anda ingin memprint dalam jumlah banyak khusunya ketika mau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.
  • Usahakan tinta printer tidak dalam keadaan kosong atau kehabisan dalam jangka waktu lama, cobalah untuk isi ulang lagi sebelum isi tinta benar-benar habis.
  • Gunakan printer untuk berkerja minimal 1 kali agar tidak terjadi printer tidak dipakai untuk ngeprint lebih dari lima sampai tujuh hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali pada tinta hitam dan warna usahakan juga ngeprint sebuah foto.
  • Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.
  • Bagi para pengguna printer infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.
  • Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yang terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Demikian cara agar cartridge printer awet dan tahan lama, semoga bisa bermanfaat terutama bagi sobat yang sering menggunakan printer.

Artikel Pilihan

Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Bekas Secara On... Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Bekas Secara Online – Perkembangan teknologi informasi terutama internet menawarkan berbagai macam kemudahan untuk ...
Cara Cek Dinamo Ampere (Alternator) Mobil Alternator atau bisa juga di sebut dengan dinamo ampere mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada mobil kamu sob, tanpa alternator m...
Apasih Perbedaan Rental Grabcar Dengan Individu?? Banyak orang saat ini yang ingin bergabung dengan salah satu jenis aplikasi transportasi yang sedang berkembang menanyakan apa sih perbedaan pendaftar...
Cara membangun sistemasi pendidikan yang bermutu sebuah instansi pendidikan adalah sebuah instansi yang sangat berpengaruh di bagian pelosok bumi kita ini. Dari adanya sebuah pendidikan dapat maka ...
Intip Kekurangan dan Kelebihan Sedan Toyota Coroll... Sedan Toyota Corolla DX KE70 merupakan generasi keempat keluarga Toyota Corolla. Toyota Corolla DX KE70 sukses terjual di beberapa negara di dunia sep...
Cara Alami Menghilangkan Jerawat Di Punggung, Muda... Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh keringat yang menyumbat pori-pori di punggung. Penyebab lainnya adalah pakaian yang terlalu ketat sehingg...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *