Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Bekas Secara Online

Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Bekas Secara Online – Perkembangan teknologi informasi terutama internet menawarkan berbagai macam kemudahan untuk bertransaksi secara online. Semua barang bisa di beli secara online, bahkan saat ini ada banyak penjual mobil bekas yang ikut aktif berjualan di internet.

Nah, agar sobat bisa lebih aman dan nyaman saat membeli mobil bekas secara online, sebaiknya baca dulu 7 cara aman membeli mobil bekas secara online berikut ini.


cara-aman-dan-nyaman-membeli-mobil-bekas-secara-online

Cara Aman dan Nyaman Membeli Mobil Bekas Secara Online

#1. Periksa Kredibilitas Penjual

Jangan terburu-buru saat melakukan transaksi online, terlebih lagi jika sobat akan membeli mobil bekas dari penjual / seller yang belum sobat kenal sebelumnya. Cobalah melakukan pemeriksaan kredibilitas penjual dengan membaca testimoni atau review pembeli sebelumnya.

Jika memungkinkan, cobalah mencari data seller bersangkutan di Google. Hal ini bermanfaat agar keamanan, privasi, dan hak sobat sebagai calon pembeli bisa terjamin.

Jangan sampai membeli mobil bekas dari seller yang mencurigakan atau memiliki reputasi buruk, karena internet adalah tempat adalah tempat yang pas untuk melakukan penipuan.

#2. Mintalah Informasi Tambahan

Hubungi penjual mobil bekas yang sobat inginkan lewat telepon atau messenger. Tanyakan informasi dan hal-hal yang sobat perlu ketahui. Sobat juga jangan sungkan untuk meminta foto-foto tambahan – interior, eksterior, kondisi kabin, kondisi dashboard, kelengkapan mobil, mesin, dan sebagainya.



Hal ini juga penting di lakukan agar sobat bisa memastikan kondisi mobil bekas yang akan di beli secara online. Setelah sobat mendapatkan penjelasan yang detail, sobat dapat melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.

#3. Lakukan Test drive

Temui penjual mobil secara langsung, dan mintalah izin untuk melakukan test drive pada mobil yang akan di beli. Saat melakukan test drive, lakukan juga pemeriksaan kondisi mesin secara maksimal.

Pertama jalankan mobil secara perlahan, kemudian cobalah meningkatkan kecepatan mobil (60 – 70 km/jam) untuk mengujicoba kestabilan mesin dan kondisi mekanikal roda-roda.

#4. Jangan Lupa Bandingkan Harga

Sebelum menjatuhkan pilihan hanya kepada satu mobil, sebaiknya sobat juga membandingkan kondisi dan harga mobil yang sama dengan seller-seller lainnya. Siapa tau sobat bisa menemukan mobil bekas yang kondisinya prima, dengan harga yang relatif lebih murah. Kan lumayan, bisa saving!

#5. Lakukan Inspeksi Menyeluruh

Sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya sobat kembali melakukan inspeksi secara menyeluruh pada mobil yang akan di beli. Jika memungkinkan, sobat bisa mengajak montir yang terpercaya.

Pada tahap ini, sobat juga wajib memastikan keaslian aspek administratif dan legalitas mobil – STNK, BPKP, dan kelengkapan lainnya. Pastikan semua surat menyurat lengkap dan sesuai dengan kondisi mobil (nomor mesin dan rangka).

#6. Memilih Pembiayaan yang Tepat

Jika sobat berencana melakukan pembelian mobil bekas online secara kredit, maka sobat bisa menentukan terlebih dahulu pembiayaan / finance mana yang bersedia memberikan jaminan pada pembelian mobil yang sobat lakukan.

Sobat juga sebaiknya membicarakan besaran biaya bulanan yang akan di kenakan oleh pihak pembiayaan.

#7. Utamakan Keamanan Saat Pembayaran

Langkah terakhir untuk membeli mobil secara online adalah melakukan pembayaran. Pastikan sobat melakukan pembayaran secara cash on delivery (jika sobat berencana membayar cash / tanpa melalui pendanaan).


Hindari melakukan transfer uang jika sobat belum menerima mobil secara utuh. Apalagi jika nilai uang yang di transfer jumlahnya besar.

Artikel Pilihan

Cara Jitu Membeli Mobil Korea Beberapa tahun kebelakangan ini indonesia telah di rasuki oleh pasar otomotif yang berasal dari negeri korea, tak tanggung-tanggung mobil besutan je...
Model, Spesifikasi dan Harga Kia Rio GT 4 Pintu Ve... Model, Spesifikasi dan Harga Kia Rio GT 4 Pintu Versi Indonesia -  Kabar gembira di hadirkan dari produsen mobil asal korea yang mana pada akhir tahun...
CARA MENGATASI BARANG YANG AKAN DI EKSEKUSI DEBT K... Melihat jaman sekarang apapun bisa di jadikan simulasi kredit dari mulai rumah, motor, mobil, barang elktronik, bahkan sampai barang-barang rumah ta...
Ini Dia 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Y... 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Yang Berkualitas - Bearing atau leher adalah salah satu bagian roda dimana fungsinya adalah sebagai peminimal...
CARA MEMPERCANTIK MOBIL TOYOTA AVANZA Toyota avanza di indonesia sangat pesat perkembangannya, mobil yang di produksi oleh produsen jepang ini memang mampu menggaet minat pasar otomotif d...
Detail Harga Dan Spesifikasi Toyota Calya dan Daih... Untuk melihat detil harga silakan lihat dan klik link brosur pada website resmi toyota calya dan daihatsu sigra dengan harga cakupan seluruh wilayah d...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *