5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Ganti Oli Mesin Mobil

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Ganti Oli Mesin Mobil – Merawat mesin mobil agar selalu enak di geber dan bandel bisa menjadi hal yang gampang-gampang sulit untuk di lakukan. Nah, salah satu perawatan terpenting untuk memastikan mesin mobil tetap bisa bekerja maksimal adalah melakukan penggantian oli mesin.


Namun sayangnya, terkadang kita melakukan beberapa kesalahan yang bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil. mau tau apa saja kesalahan itu?

5-kesalahan-yang-sering-terjadi-saat-ganti-oli-mesin-mobil

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Ganti Oli Mesin Mobil

Tidak mencatat kapan terakhir penggantian oli dilakukan

Saat sobat melakukan penggantian oli mesin di bengkel resmi mobil kesayangan sobat, maka biasanya teknisi akan mencatat tanggal penggantian oli mesin pada sticker yang terdapat pada windshield. Namun, jika sobat melakukan penggantian oli mesin mobil secara mandiri, sobat mungkin tidak melakukan pencatatan untuk hal tersebut.

Sobat harus waspada karena oli mesin harus di ganti secara berkala agar mesin bisa tetap maksimal dan efisien saat di kendarai. Oleh karena itulah, jangan lupa mencatat tanggal penggantian oli mesin, sehingga sobat bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli selanjutnya.

Tidak mengganti filter o-ring

Pada beberapa jenis mobil, terutama mobil dari Eropa, terdapat lapisan segel pada filter o-ring yang berfungsi untuk menyaring oli. Filter ini bersifat replaceable, alias harus di ganti pada saat pergantian oli, karena lapisan pada filter ini biasanya akan menjadi rusak pada saat kita melakukan penggantian oli. Jika tidak di ganti maka oli akan merembes secara perlahan.

Oleh sebab itu, jika sobat memiliki mobil keluaran Eropa, pastikan sobat memeriksa dan mengganti filter o-ring jika di butuhkan.



Terlalu ketat saat menutup filter oli / drain nut

Ada banyak orang yang memastikan setiap mur, sambungan atau baut terpasang dengan presisi dan kuat. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan pada filter oli / drain nut, karena saat di pasang dengan terlalu kuat, maka akan sulit untuk melepaskannya kembali pada saat pergantian oli akan di lakukan.

Cukup pasangkan dan kencangkan dengan menggunakan tangan, tidak perlu pengencangan yang berlebihan kok.

Oli mahal vs. Oli murahan

Baca dengan seksama buku panduan mobil sobat. Jika dalam buku panduan tersebut merekomendasikan untuk menggunakan oli sintetis (synthetic oil), maka ikutilah rekomendasi tersebut setiap kali mengganti oli. Namun sebaliknya, jika tidak ada rekomendasi untuk hal itu, gunakanlah oli biasa, karena harga oli sintetis jauh lebih mahal dengan oli biasa.

5-kesalahan-yang-sering-terjadi-saat-ganti-oli-mesin-mobil

Sobat bisa menggunakan oli sintetis jika mesin mobil sering di ajak untuk lari kencang, memiliki suhu tinggi saat di geber, atau sering di bawa bepergian jauh. Tapi, kalo hanya sering digunakan di dalam kota, aman kok pakai oli biasa.

Oli sintetis tidak di rekomendasikan untuk digunakan pada mobil yang menggunakan mesin dengan sistem rotary karena bisa merusak seal di dalam mesin.

Menggunakan zat aditif tambahan

Saat ini cukup mudah untuk membeli aditif tambahan untuk oli mesin. Kadang-kadang menambahkan zat aditif tidak memberikan efek apapun kepada mesin, bahkan dalam beberapa kasus, penambahan aditif memiliki potensi untuk merusak mesin mobil.

Jika sobat memiliki mesin mobil yang cukup mulus, sering mengganti oli secara berkala, dan menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrik, maka sobat tidak memerlukan aditif tambahan untuk oli.


Oke sob, demikian dulu sedikit ulasan tentang 5 kesalahan yang sering terjadi saat ganti oli mesin mobil. Semoga bisa memberikan manfaat buat sobat semuanya!

Artikel Pilihan

Mengenal Spesifikasi dan Harga Daihatsu Great New ... Kondisi pasar otomotif yang bergejolak tidak menjadi kendala yang berarti untuk penjualan multi purposes vehicles (MPV) yang di bundel dengan harga le...
Cara Mengenali Ciri-Ciri Charger Samsung Original Hati-hati dalam memilih charger smartphone kamu sob, jika salah pilih maka Smartphone kamu bakalan rusak total pada bagian mesinnya dan tidak bisa di ...
Cara Memasang AC Di Daihatsu Hijet 1000 Hijet 1000 siapa yang tak kenal mobil yang satu ini, berbicara tentang hijet 1000 memang banyak cerita asik dan menyenangkan. bagaimana tidak mobil ...
Cara Mudah Internetan Gratis Di Android Cara Mudah Internetan Gratis Di Android - Tidak terbayang apabila bisa internetan gratis tanpa harus memasang Wifi ataupun paketan data setiap bulanny...
Honda BR-V Penantang Baru Grand New Avanza Baru-baru ini tersiar kabar pabrikan honda akan mengeluarkan jenis mobil SUV terbaru ke publik, mobil yang di design dengan kelas setengah SUV dan set...
Cara Membeli Mobil Bekas Dengan Harga Yang Murah Cara Membeli Mobil Bekas Dengan Harga Yang Murah – Mobil bekas belum tentu mobil yang jelek. Kadang-kadang ada kok mobil bekas yang memiliki nilai jua...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *