3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas adalah sebuah proses yang gampang-gampang susah. Diperlukan ketelitian dan sedikit pengetahuan agar mobil bekas yang anda beli tidak bermasalah di kemudian hari. Mau tau apa saja hal penting yang harus anda periksa saat membeli mobil bekas? Check this out!


3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Kondisi Body dan Eksterior

Jangan terkecoh dengan kondisi cat body yang mengkilap dan rim yang keren. Karena bisa saja terdapat masalah di balik finishing body yang mulus dan mengkilap itu.

Pastikan anda melakukan pemeriksaan visual secara menyeluruh pada bagian body mobil dan eksteriornya. Perhatikan bagian-bagian luar mobil seperti lampu, handel pintu, kondisi kaca-kaca, karet kaca, dan sebagainya. Anda patut berhati-hati dan curiga jika ada bagian-bagian tersebut yang telah di perbaiki atau di cat ulang.

3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Tanyakan kepada penjual apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau pernah mengalami benturan sehingga dilakukan pengecatan ulang atau perbaikan. Jangan sampai anda membeli mobil yang pernah mengalami tabrakan, kemudian masuk bengkel ketok magic dan di cat ulang.

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah sebuah mobil pernah mengalami benturan yang keras, yaitu dengan melihat bagian panel depan. Perhatikan jarak antar bagian-bagian panel. Dalam kondisi normal jarak panel akan presisi pada semua sisi. Selain itu, anda juga bisa membuka dan menutup pintu depan. kondisi monbil normal jika pintu dapat ditutup dengan mudah, mulus dan tidak terdapat bunyi gesekan atau decit.

Kondisi Interior

Kondisi interior mobil merupakan salah satu faktor penting yang harus di perhatikan pada saat anda akan membeli sebuah mobil bekas. Bekas-bekas pakai pada bagian interior bisa menjadi indikasi usia pakai mobil, meskipun anda tidak melihat angka kilometer pada odometer.

Jika di dalam mobil terasa lembab dan terdapat bau yang sedikit apek, maka anda sebaiknya memeriksa weatherstripping, karet-karet kaca, dan sirkulasi udara mobil.

3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Pedal rem juga bisa menjadi indikator penggunaan mobil, karena biasanya pedal rem terbuat dari metal yang kuat. Anda wajib menanyakan pada penjual mengenai penggunaan mobil jika pedal rem terlihat terkikis, namun odometer menunjukkan angka kilometer yang rendah.

Anda juga jangan terkecoh dengan karpet mobil yang terlihat bagus, karena karpet mobil bisa di ganti dengan mudah. Jangan sungkan untuk membuka karpet, sehingga anda bisa melihat kondisi lantai mobil yang sebenarnya – apakah masih cukup baik atau sudah mulai digerogoti oleh karat. Selain itu, perhatikan juga karpet mobil, jika tampak basah maka bisa jadi ada rembesan air dari luar.



Periksa secara menyeluruh kondisi interior lainnya, seperti kursi sopir dan penumpang, panel-panel, soundsystem, pendingin udara, ventilasi, dan sebagainya. Meskipun anda berencana untuk membeli mobil bekas, anda juga berhak mendapatkan mobil yang memiliki kondisi representatif untuk dapat digunakan bersama keluarga.

Kondisi Mesin

Mesin adalah dapur pacu yang memberikan tenaga gerak pada sebuah mobil. Jika anda berencana membeli mobil bekas, maka wajib hukumnya untuk mengecek kondisi mesin mobil yang akan anda beli.

Cek dengan seksama kondisi mesin secara umum saat belum di hidupkan. Perhatikan kondisinya apakah dalam keadaan bersih, belepotan dengan oli dan kotoran, atau tertutup debu yang sangat tebal. Pastikan kondisi mesin masih dalam keadaan terawat, meskipun tidak 100% bersih dari kotoran. Normal kok jika ada sedikit bekas-bekas pemakaian wajar.

Terkadang ada juga penjual mobil bekas yang rela merogoh kocek untuk membersihkan dapur pacu mobil. Mobil di bawa ke tempat pencucian, lalu kompartemen mesin di bersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan pompa air bertekanan tinggi.

3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli Mobil Bekas

Jika anda menemukan mesin yang bersih seperti habis di cuci, maka sebaiknya anda harus lebih ekstra hati-hati untuk memperhatikan kondisi mesin yang sebenarnya.

Mesin mobil dapat beroperasi dengan baik jika memiliki siklus penggantian oli mesin yang terjadwal dan tidak melebihi kilometer yang ideal. Oleh sebab itulah, jika anda berencana membeli mobil bekas, pastikan anda sudah memeriksa kondisi oli mesin. Cek warna, kekentalan dan periksa apakah ada kebocoran oli.

Jika warna oli terlihat jernih seperti baru saja di ganti, cobalah untuk melakukan test drive setidaknya 20 – 30 menit. Kemudian periksa kembali warna oli. Jika terdapat perubahan warna dari jernih menjadi keruh atau kehitaman, maka dapat di pastikan ada masalah di dalam jeroan mesin.

Mobil yang di rawat dengan baik biasanya tidak memiliki kebocoran oli dan memiliki kondisi mesin yang prima, meskipun mobil sudah memiliki mileage panjang alias angka kilometernya sudah sangat tinggi.

Idealnya, lakukan pengetesan menyalakan mesin pada saat mesin dalam kondisi dingin untuk mengetahui apakah ada kesulitan saat menyalakan mesin sekaligus memperhatikan kondisi asap buangan mobil. Jika gas buang dari knalpot memiliki warna kebiruan, sebaiknya anda hati-hati karena bisa saja ada masalah kebocoran oli di dalam mesin.


Pengecekan terakhir pada mesin mobil dapat di lakukan dengan melakukan tes drive sampai mesin memiliki suhu yang panas. Ajak mobil sedikit “berlari” dan dengarkan apakah terdapat suaras-suara ketukan yang mencurigakan seperti suara rod bearing atau suara hydraulic lifter yang sudah mulai kurang bertenaga. Suara berisik atau ketukan yang mengikuti laju mesin mobil bisa menjadi indikasi bahwa terdapat masalah signifikan di dalam dapur pacu mobil, dan biaya perbaikannya cenderung mahal.

Artikel Pilihan

Ini Dia Spesifikasi dan Harga Grand New Ertiga Dua... Ini Dia Spesifikasi dan Harga Grand New Ertiga Dual Vvt Gear Shift Amt 2017 - Sebentar lagi para pecinta otomotif khususnya para pecinta mobil suzuki ...
Cara Membeli Onderdil Mobil Langka Terkadang kita memiliki mobil yang langka baik mobil tahun tua ataupun tahun mobil muda dan yang paling di pusingkan terkadang stok onderdil yang lang...
Cara Cek Dinamo Ampere (Alternator) Mobil Alternator atau bisa juga di sebut dengan dinamo ampere mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada mobil kamu sob, tanpa alternator m...
Dijamin Sukses! Cara Mendapatkan Pasangan atau Pac... Cara Mendapatkan Pasangan atau Pacar Cantik / Ganteng – Muka kamu pas-pasan? Kulit kamu item? Tapi pengen punya pasangan atau pacar yang cantik, gante...
Lebih Bagus Mana Antara Rotax Dengan Membran Mobil Lebih Bagus Mana Antara Rotax Dengan Membran Mobil -Rotax dan membran fungsi dasarnya adalah memompa kapasitas bensin yang ada di tangki mobil ke dala...
1967 Mustang V8 Engine Modifications The overhaul of an engine requires many years experience and trustful interaction of several experts. In the shown below photo gallery you can very ni...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *