Cara Mudah Menyelaraskan Roda-Roda Mobil Agar Tetap Awet

Roda-roda kendaraan sangat di rekomendasikan agar selalu di selaraskan agar tidak menyebabkan penurunan jarak tempuh. Setiap mobil dirancang agar roda-rodanya berjalan dengan selaras dan dengan arah yang sama. Untuk itulah roda-roda kendaraan harus memenuhi batas toleransi sudut-sudut penyetelan roda.


Jika tidak maka roda akan mengalami keausan yang tidak merata sehingga bisa membuat resiko tidak aman dikemudikan dan menyebabkan penurunan jarak tempuh kendaraan. Apa saja yang perlu diselaraskan ?

cara-mudah-menyelaraskan-roda-roda-mobil

Toe / sudut jari 

Toe adalah sudut antara garis-garis tengah roda pada posisi tampak atas kendaraan. Sudut jari yang ideal pada saat mobil berjalan adalah nol atau roda-roda mobil dalam posisi paralel.

Sudut jari makin besar akan mengakibatkan ban semakin aus. Toe terbagi menjadi 2, yaitu Toe In : sisi depan dua roda sedikit lebih dekat satu sama lain dari bagian bawah atau belakang roda. Dan Toe Out : sisi depan roda terpisah lebih jauh dari sisi belakang.

Caster

Caster merupakan sudut antara sumbu pengarah (garis yang melalui join-join bola) dengan garis tengah vertikal roda, sebelah depan dan belakang. Caster memiliki 3 fungsi, pertama menjaga stabilitas dan pengendalian arah kendaraan (sudut caster positif). Dan kedua, meningkatkan kemampuan roda untuk balik ke posisi semula setelah belok (arah lurus). Terakhir, mengurangi usaha untuk pengarahan kendaraan.



Camber

Camber adalah sudut keausan ban. Pada saat tidak ada beban pada kendaraan maka sudut camber nya adalah positif, sebaliknya jika ada beban maka sudut cambernya adalah nol. Sudut camber akan berubah-ubah tergantung kondisi jalan dan belokan. Jika terdapat sudut camber positif dan negatif akan mengakibatkan keausan ban tidak seragam dan cepat.

Sudut belok

Sudut belok adalah perbedaan sudut antara garis roda belakang (garis yang melalui pusat-pusat belakang roda), dan roda-depan sebelah luar dan sebelah – dalam pada saat kendaraan berbelok. Variasi sudut belok tidak boleh melebihi 1,5 derajat dari spesifikasinya.

Tinggi suspensi

Tinggi suspensi  adalah jarak antara beberapa titik spesifik dari rangka, bodi, dan sistem suspensi terhadap jalan.

Steering axis inclination / inklinasi sumbu pengarah

Steering axis inclination adalah busur tempat ayunan pergerakan roda depan akibat pengarahan kendaraan atau sudut antara sumbu pengarahan dengan garis tengah roda. Fungsinya untuk enjamin kestabilan kendaraan dan membuat setir yang diputar saat berbelok kembali ke posisi semula, mengurangi keausan ban, serta menjaga roda depan tetap lurus saat berputar.


Part-part yang di sebutkan di atas merupakan komponen yang terpenting untuk di selaraskan agar kondisi steering tetap prima meskipun mobil telah di gunakan dalam waktu yang lama.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *