9 Tips Menjual Mobil Bekas Dengan Harga Tinggi

Ingin menjual mobil bekas dengan harga yang tinggi? Nggak segampang itu, sob! Mobil yang sudah pernah di pakai biasanya memiliki “sisa-sisa” bekas pakai yang bisa menurunkan harga jual mobil secara signifikan. Oleh karena itu, proses penjualan mobil bekas tidak bisa di lakukan secara sembarangan, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual mobil.


Ada banyak orang yang tidak mau mengambil repot untuk menjual bekas pakai mereka. Jalur yang di ambil biasanya adalah menyerahkan mobil untuk di jual kembali oleh pihak ketiga (atau yang lebih di kenal dengan istilah dealership / makelar). Namun sobat harus tahu bahwa sebenarnya sobat bisa menjual mobil bekas sendiri dengan harga yang relatif tinggi jika di bandingkan menjual mobil bekas pakai melewati tangan perantara.

9 Tips Menjual Mobil Bekas Dengan Harga Tinggi

Khusus untuk topik ini, gudangcara.com telah “meramu” beberapa tips menjual mobil bekas dengan harga tinggi tanpa bantuan dari pihak ketiga atau perantara. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tips Menjual Mobil Bekas Dengan Harga Tinggi

Bereskan dulu masalah mekanikal mobil yang akan di jual

Masalah mekanikal mesin (termasuk mesin, persneling, door lock, lampu, dan sebagainya) sebaiknya harus sudah di bereskan sebelum sobat akan menjual mobil bekas pakai. Calon pembeli pada umumnya akan memeriksa bagian-bagian mekanikal ini sebelum melakukan pembelian mobil bekas.

Masalah atau kerusakan mekanikal akan mengurangi nilai jual mobil bekas karena calon pembeli nantinya harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh

Sebelum di jual, sebaiknya mobil bekas di cek terlebih dahulu kondisi kelayakannya di bengkel. Pastikan hal-hal yang mendasar seperti lampu, rem, dan kondisi ban mobil dalam keadaan yang prima. Jika diperlukan, jangan lupa juga untuk mengganti oli mesinnya.

Biaya yang harus di keluarkan untuk pemeriksaan umum seperti ini tidak lebih 350.000 rupiah, akan tetapi bisa memberikan nilai bargaining yang lebih tinggi untuk mobil bekas yang akan di jual.

Pastikan surat-surat mobil lengkap

Calon pembeli mobil bekas pakai biasanya juga akan menanyakan kelengkapan surat legalitas kendaraan, misalnya pajak, STNK, BPKB, dan sebagainya. Pastikan sobat sudah mempersiapkan surat-surat ini sebelum menawarkan mobil bekas kepada calon pembeli.



Periksa detail interior dan eksterior mobil

Mobil bekas tidak akan bisa di restorasi sepenuhnya seperti mobil baru. Akan tetapi, sobat bisa memberikan sedikit sentuhan agar dapat mendongkrak harga jualnya lebih tinggi.

Lengkapi dan bersihkan fasilitas interior mobil seperti karpet, cup holder, dan bagian-bagian mobil lainnya. Hilangkan juga sisa-sisa stiker yang menempel pada bagian interior dan eksterior sehingga mobil terlihat lebih rapi dan menarik.

Pastikan mobil dalam kondisi bersih

Mobil yang bersih dan terlihat mengkilap pasti akan menjadi pusat perhatian siapa saja. Oleh sebab itulah, jika sobat berencana untuk menjual mobil bekas, pastikan mobil tersebut dalam kondisi yang bersih.

Ambil foto close up sebanyak mungkin

Jika sobat berencana menjual mobil secara online, kami menyarankan agar sobat mengambil foto-foto close up pada mobil yang akan di jual. Beberapa bagian penting untuk di foto antara lain adalah sudut-sudut mobil, kaki-kaki mobil, ban, fasilitas audio video, jok, bagian penyimpanan barang, tombol / panel kontrol, dan sebagainya.

Agar terlihat lebih menarik, fotolah bagian-bagian tersebut saat matahari bersinar terang.

Berikan deskripsi yang jelas

Ada banyak website yang bisa sobat gunakan untuk menjual mobil bekas, misalnya OLX, Bukalapak, dan sebagainya. Di website ini biasanya para penjual mobil hanya memberikan keterangan secara umum, bahkan hanya meninggalkan contact person penjual saja.

Hindari hal seperti ini. Jadilah smart seller yang baik. Berilah 3 – 4 paragraf kalimat yang berisi deskripsi mobil dengan jelas. Informasikan tahun pembuatan, kilometer pemakaian, model, kondisi mobil, dan fitur-fitur yang ada di dalamnya secara detail.

Jika mobil yang akan di jual pernah mengalami kecelakaan, sebaiknya kita juga memberikan informasi bagaimana perbaikan dan makeover pada mobil pasca kecelakaan tersebut.

Tawarkan dengan harga yang masuk akal

Sobat  tidak akan bisa menjual sebuah Corolla DX second edition dengan harga di atas 600 juta! Kecuali sobat sudah memodifikasinya habis-habisan (modifikasi yang overkill juga bisa membuat harga mobil bekas jatuh).

Tawarkan harga jual mobil tersebut dengan harga yang logis. Jika sobat harus menjualnya dengan harga yang di atas standar, maka sobat harus bisa memberikan alasan untuk hal tersebut.

Respon calon pembeli dengan baik

Pembeli adalah raja, ingat itu sob! Respon yang baik dan cepat akan menjadi nilai plus di mata calon pembeli, karena respon seperti ini menunjukkan keseriusan kita dalam berbisnis.

Punya tips lain untuk menjual mobil bekas dengan harga tinggi? Silakan share di komentar ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *