Cara Agar Cat Mobil Tetap Awet dan Tidak Pudar

Salah satu cara agar tongkrongan mobil anda terlihat keren adalah dengan menjaga kebersihan bagian luar mobil, terutama cat mobil tersebut. Pastikan mobil nampak mengkilap dan bersih dari debu. Namun, kadang-kadang cat mobil memiliki masalah sendiri, yaitu warnanya bisa berubah menjadi pudar jika tidak di rawat dengan baik.


Nah, dalam ulasan singkat kali ini, gudangcara.net akan membagikan sedikit tips atau cara agar cat mobil tetap awet, tidak pudar, dan terlihat mengkilap.

Cara Agar Cat Mobil Tetap Awet dan Tidak Pudar

Cara Agar Cat Mobil Tetap Awet dan Tidak Pudar

1. Kenali penyebab memudarnya cat mobil

Penyebab utama kerusakan dan pudarnya cat mobil adalah sinar ultraviolet yang ada pada cahaya sinar matahari. Selain faktor sinar ultraviolet, ada juga faktor lainnya yang bisa menyebabkan warna cat mobil menjadi pudar, misalnya bahan kimia, polusi udara, dan sebagainya.

2. Hindari paparan sinar ultraviolet

Usahakan selalu memarkir mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena langsung dengan sinar matahari. Jika anda berencana meninggalkan mobil di tempat yang terbuka, pastikan anda menggunakan penutup mobil / car cover.



3. Bersihkan bahan-bahan kimia

Bahan-bahan kimia dan residu berbahaya bisa menempel pada permukaan mobil. Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci mobil setidaknya dua minggu sekali.

Jika mobil anda sering terkena bahan kimia secara langsung (misalnya garam, air laut, lumpur, dan sebagainya), maka anda harus lebih sering lagi mencuci mobil kesayangan anda agar warna cat mobil bisa awet dan bertahan lama.

Jika anda berencana memarkir mobil di dalam garasi untuk waktu yang cukup lama, maka sangat disarankan untuk menutup mobil dengan car cover untuk mencegah menempelnya zat-zat kimia yang tidak kasat mata di udara.

4. Hindari pembersih mobil dengan bahan abrasif

Ada banyak produk pembersih mobil, terutama polish mobil, yang menggunakan bahan bersifat abrasif atau mengikis permukaan cat. Mobil setelah di polish mungkin akan terlihat lebih mengkilap dan bersih. Akan tetapi, anda harus tahu bahwa polish akan mengikis lapisan finishing cat mobil.

Usahakanlah untuk menggunakan polish mobil yang tidak terbuat dari bahan abrasif.

5. Gunakan pengkilap mobil

Ada beberapa produk pengkilap mobil atau wax yang bisa kita beli di toko-toko atau swalayan. Anda dapat menggunakan wax seperti ini sebagai alternatif lain membersihkan permukaan cat mobil.

Wax bersifat lebih non-abrasif jika di bandingkan dengan polish. Bahkan ada beberapa produk pengkilap mobil bisa memberikan perlindungan tambahan pada permukaan cat.

Yang harus di catat adalah jangan melakukan waxing cat mobil secara berlebihan, karena kualitas finishing cat bisa berkurang.


Demikianlah ulasan singkat tentang cara agar cat mobil tetap awet, tidak pudar, dan terlihat lebih kinclong. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Pilihan

Cara Memilih Mobil Yang Ideal Untuk Offroad Cara Memilih Mobil Yang Ideal Untuk Offroad - Offroad adalah sebuah kegiatan olah raga yang sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, olah raga yang s...
Cara Mengatasi Mesin Mobil Yang Bergetar Bukan hanya stir saja yang bisa bergetar pada mobil kamu sob, mesin mobil kamu juga bisa mengalami getaran hebat jika salah satu komponen pada mesin m...
Cara Aktivasi Kartu 3 (Three) Terbaru 2017 Berdasarkan kebijakan dari 3 care terbaru, layanan pengguna kartu 3 (three) harus menggunakan nomor ID kartu 3 konter yang sudah tersedia pada konter ...
Cara Menghemat Qouta dan Mendapatkan VPN Gratis di... Cara Menghemat Qouta dan Mendapatkan VPN Gratis di Android -  Penggunaan data internet untuk di jaman sekarang ini adalah sesuatu yang sangat pasti, k...
3 Cara Memilih, Merestorasi, dan Merawat Datsun Tu... Ngomongin soal datsun tua atau yang di sebut juga dengan bahasa kerennya dengan datsun retro memang gak ada habisnya, mobil yang pernah menjadi raja j...
Cara Merawat Kartu ATM atau Kartu Kredit Agar Tida... Cara Merawat Kartu ATM - ATM adalah Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untu...
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *