Intip Kekurangan dan Kelebihan Sedan Toyota Corolla DX KE70


Sedan Toyota Corolla DX KE70 merupakan generasi keempat keluarga Toyota Corolla. Toyota Corolla DX KE70 sukses terjual di beberapa negara di dunia seperti Australia, Malaysia, Indonesia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan lain-lainnya.

Mobil ini pasarkan pada tahun 1980-an untuk menggantikan pendahulunya – Toyota Corolla KE30. Pada tahun 1984, penjualan Corolla DX KE70 dihentikan dan digantikan oleh Toyota Corolla GL yang merupakan pesaing Honda Civic Wonder. Di beberapa pasar lokal, Corolla DX KE70 menjadi pesaing berat Mitsubishi Lancer SL dan keluarganya sendiri – Daihatsu Charmant.

Meski Toyota Corolla DX KE70 sudah terjual dan diumumkan ke publik beberapa tahun yang lalu, namun mobil ini masih disukai beberapa kalangan. Apalagi, mobil ini merupakan versi sedan Corolla terakhir yang masih didukung oleh sistem penggerak roda belakang. Artinya, mobil ini masih bisa digunakan pada event  motorsport ekstrim, semacam drifting.

Ulasan Toyota Corolla DX KE70



Jika kita melihat Toyota Corolla DX KE70 sekilas, ia memiliki eksterior dengan kesan modernitas yang dibalut gaya retro tahun 1980an. Tentu saja, desain interiornya sangat berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Gaya tubuh kotak dengan alur dan aksen minimal terbukti mampu bertahan hingga kini jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Tiga bentuk bodi Toyota Corolla DX KE70 diperkenalkan, termasuk sedan 4 pintu, coupe and wagon. Dari awal produksi, Toyota Corolla DX KE70 ini mengalami empat kali facelift minor.

Dimensi Toyota Corolla DX KE70 pun meningkat dari model sebelumnya, hal ini memberi keuntungan dimana kabin menjadi lebih lapang. Karakteristik Toyota Corolla DX KE70 sama seperti sedan sedan kompak 1980 lainnya, kualitas material bukanlah hal yang mereka fokuskan.

Skema warna yang digunakan dalam bentuk warna coklat tua dan tetap terlihat menarik hingga saat ini. Di dasbor, tersedia kontrol idle, kontroler AC, dan dilengkapi dengan tape player di bagian atas. Tachometer belum diberikan pada unit produksi awal (1980-1982). Ini tersedia sebagai bagian standar dalam unit yang dijual pada tahun 1983 dan yang lebih baru.

Kinerja Mesin Toyota Corolla DX KE70

Toyota Corolla DX KE70 yang menggunakan mesin tipe 4K 8 SOHC. Mesin ini memiliki kapasitas mesin 1.300 cc (1,3 liter), menggunakan sistem karburator dengan OHV. Tenaga yang dihasilkan maksimal 62 HP pada 5.600 RPM dan torsi maksimum 97 Nm pada 3.600 RPM.

Mesin 4K ini dikenal sebagai mesin yang tangguh. Mudah untuk rawat, bandel, dan memiliki daya tahan tinggi. Karena itu, suku cadangnya bisa dengan mudah didapat di pasaran dengan berbagai kualitas dan harganya yang relatif murah.

Jika kita berbicara tentang kemampuan bermanuver dan handling, maka Toyota Corolla DX KE70 dapat di kategorikan sebagai sedan yang nyaman untuk dikendarai, selama sasis, mesin dan transmisi dalam kondisi baik. Toyota Corolla DX KE70 menggunakan sasis ringan – yang juga digunakan pada Toyota AE8.

Tak hanya sasis, Toyota AE8 juga menggunakan bagian yang sama termasuk poros prop, gearbox, dan suspensi. Padahal, mobil ini bisa ditransformasikan menjadi mobil drift yang sangat kompetitif dengan hanya beberapa sentuhan modifikasi dan tune up mesin.

Kelebihan Toyota Corolla DX KE70 

  • Perawatan mudah di lakukan dan suku cadang gampang di dapatkan
  • Roda penggerak belakang
  • Mesin yang bandel dan kuat
  • Gayanya yang retro dapat di modifikasi sesuai selera
  • Harga jual kembali yang tinggi

Kekurangan Toyota Corolla DX KE70 

  • Kurang modern karena tidak menggunakan power steering dan power window
  • Fitur elektronik di dalam kabin dirasakan sangat kurang

Jika anda peminat modifikasi mobil, pasti anda sudah mengetahui dengan baik Toyota Corolla DX KE70 ini. Karena sedan ini menawarkan opsi modifikasi dan tuning mesin yang tidak terbatas. Selain itu, suku cadangnya tersedia di pasaran dengan stok yang melimpah. Tidak salah jika anda memilih Toyota Corolla DX KE70 sebagai mobil koleksi anda.

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *