Begini Cara Membuat Quadcopter Murah Dan Terjangkau


Begini Cara Membuat Quadcopter Murah Dan Terjangkau – Quadcopter adalah pesawat kecil sejenis drone yang biasa di jual seperti situs jual beli online. Kebanyakan orang sulit untuk membeli sebuah drone  harus memesannya dari situs jual beli online luar negeri yang harganya sangat mahal dan jangka waktunya untuk sampai di tanganpun lebih lama. Namun anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena sekarang anda dapat membuat suatu drone rakitan dengan cara anda sendiri yakni dengan menggunakan rangka kayu.

Yup, rangka kayu bisa menggantikan plastik yang di pakai pada drone asli, dan bisa anda manfaatkan untuk membuat quadcopter. Karena dengan membuat rangka dari kayu anda bisa mengimprovisasi sendiri seperti apa quadcopter yang akan anda rancang dan bisa menghemat anggaran daripada membeli drone asli.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus di persiapkan dan cara membuat quadcopter dengan harga yang relatif murah

#Bahan Pertama
Hal yang paling utama yang harus anda persiapkan adalah kayu untuk kerangka quadcopter itu sendiri. Usahakan memakai kayu yang bobotnya lebih ringan namun kuat jika terkena bantingan. Karena dalam memainkan atau menerbangkan suatu quadcopter biasanya tidak selalu landing dengan mulus.

Kayu yang bisa di gunakan untuk kerangka quadcopter salah satunya adalah kayu jati muda, dengan kayu jati muda anda bisa sedikit mengukirnya. Karena kreasi ukiran asli indonesia pada drone atau quadcopter di pasaran sangat jarang sekali. Selain itu kayu jati juga sangat kuat dan tidak akan di makan oleh rayap secara life time.

#Bahan Kedua
Hal selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah dengan menyiapkan Motor atau Rotor yang berfungsi untuk memutar baling-baling yang terdapat pada quadcopter. Agar quadcopter dapat terbang dan bermanuver dengan sempurna dan responsif sebaiknya anda harus sedikit jeli sebelum membeli rotor atau motor untuk quadcopter yang akan anda rakit.



Pilihlah rotor atau motor yang kilovoltnya tinggi, kilovolt sangat berpengaruh pada kecepatan motor yang akan anda aplikasikan pada quadcopter. Semakin tinggi kilovolt suatu motor maka semakin baik untuk digunakan pada quadcopter. Belilah dinamo rotor sebanyak empat buah dengan kilovolt yang sama agar drone quadcopter yang anda rakit dapat terbang dan bermanuver dengan baik dan seimbang. Harga dinamo rotor drone quadcopter sendiri sangat bervariasi sekitar 300 ribu sampai 2 juta rupiah, tergantung dari KV dan juga merknya.

#Bahan Ketiga
Bahan yang berikutnya yang harus anda persiapkan adalah sebuah Electronic Speed Control (ESC), ESC sendiri berfungsi sebagai pengatur speed. Jika dalam satu buah quadcopter memiliki 4 motor dinamo maka anda juga membutuhkan 4 ESC untuk menyambungkan dinamo tersebut pada komponen ESC.

Untuk mendapatkan dan memesan ESC anda bisa memesannya pada toko online luar negeri ataupun dalam negeri. Harga ESC sendiri berkisar 600 ribuan tergantung dari merek, jika ingin murah pakai buatan cina saja.

#Bahan Keempat
Bahan lainnya yang harus anda siapkan adalah 4 buah kipas atau baling-baling (propeller) yang akan di tempelkan pada motor dinamo quadcopter. Belilah kipas atau baling-baling dengan ukuran yang ideal yakni ukuran 9×4,7. Yang mana baling-baling ini sangat di anjurkan dan banyak di pakai oleh mereka yang senang merakit quadcopter sendiri.

Harga untuk propeller quadcopter sendiri berkisar 60ribu sampai dengan 80ribu, semua tergantung dari ketebalan baling-baling itu sendiri.

#Bahan Kelima
Perangkat selanjutnya yang harus anda miliki sebelum anda memulai merakit drone quadcopter adalah sebuah charger batere dan berikut batrenya. Mengingat batre yang akan di gunakan pada quadcopter berbeda dengan batre umum yang beredar di pasaran, maka anda di haruskan memiliki charger sendiri.

Agar tidak kerepotan saat daya batre habis dan anda langsung bisa menchargernya langsung tanpa harus membeli batre baru.

#Bahan Keenam
Bahan terakhir yang harus anda siapkan adalah sebuah remote control, namun sekarang anda tidak perlu repot-repot membeli sebuah remot contro untuk quadcopter. Karena remote control untuk sebuah drone quadcopter sekarang bisa menggunakan smartphone android dan juga apple.

Hal ini harus anda manfaatkan, karena dapat menghemat anggaran belanja untuk membangung sebuah drone quadcopter.

Untuk Cara Membuat Quadcopter Murah Sima Video Lengkap Berikut Ini

Selain itu, di setiap perangkat yang anda beli biasanya terdapat manual booknya. So, anda tinggal mengikuti instruksi yang terdapat pada manual book saja. Ok guys, segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Begini Cara Membuat Quadcopter Murah Dan Terjangkau semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda semua. (Done)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *