Tips dan Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Di era modern seperti pada saat ini, komputer memiliki peran penting bagi banyak orang. Komputer adalah barang yang multifungsi dan dapat di gunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pendukung produktivitas kerja sampai dengan sarana untuk bermain game.

Seiring dengan berjalannya waktu, biasanya komputer (baik komputer desktop atau laptop) akan mengalami degradasi atau penurunan kinerja. Singkatnya, komputer jika di gunakan terus menerus akan menjadi lemot.

Tips dan Cara Agar Komputer Tidak Lemotimage via pinterest.com

Kondisi komputer yang lemot ini akan mengurangi efisiensi kerja dan mengurangi kenyamanan terutama pada saat kit harus menjalankan software-software tertentu.

Agar komputer anda tidak lemot, kali ini tim gudangcara.net akan memberikan tips mudah dan cara  agar komputer tidak lemot. Tentunya cara ini dapat anda praktekkan sendiri di rumah.

Tips dan Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Jangan sembarangan mengunduh dan menginstal software

Cara agar komputer tidak lemot yang pertama adalah hindari mengunduh dan menginstal software secara sembarangan. Apalagi jika software yang anda unduh adalah software bajakan, karena bisa jadi software ini telah di sisipi dengan malware, spyware, atau kode berbahaya lainnya.

Bukan hanya membuat komputer atau laptop menjadi lemot, software yang di sisipi kode berbahaya juga dapat di gunakan oleh orang lain untuk mencuri data anda, seperti username, password, bahkan dokumen pekerjaan anda.

Batasi aplikasi start-up

Aplikasi atau software start-up adalah software / aplikasi yang ikut di jalankan secara otomatis pada saat komputer di nyalakan. Semakin banyak software start-up, maka akan semakin lemot pula kinerja komputer anda.

Salah satu cara agar komputer tidak lemot adalah dengan membatasi software start-up ini. Jika anda menggunakan Windows 7 (dan versi di bawahnya) anda dapat menonaktifkan start-up dengan cara klik Start menu, kemudian dalam kotak pencarian ketikkan “msconfig.exe” (tanpa tanda kutip), dan tekan enter. Klik tab “Startup” dan hilangkan ceklis pada software yang akan di nonaktifkan pada saat Windows di mulai.

Bagi anda yang menggunakan Windows 8 (dan versi di atasnya), silakan masuk ke Start, ketikkan “msconfig.exe” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Task manager akan terbuka, klik pada tab “Startup” dan lakukan klik kanan kemudian pilih disabled pada software yang akan di nonaktifkan startup.

Untuk menetapkan perubahan, lakukan restart Windows.

Bersihkan berkas sampah dan registry yang tidak terpakai

Berkas sampah dan registry yang tidak terpakai juga dapat menyebabkan lemotnya komputer anda. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membersihkan berkas sampah dan registry yang tidak terpakai/tidak valid secara periodik.

Anda bisa menggunakan aplikasi semacam CCleaner untuk membantu menghapus berkas sampah dan registry yang tidak terpakai di komputer anda. Dalam kondisi normal, CCleaner sudah cukup mumpuni untuk menjaga kondisi komputer agar selalu dalam keadaan optimal.

Hindari overheat

Overheat atau kondisi komputer yang terlalu panas juga ikut berperan dalam hal memperlambat kinerja komputer. Gudangcara.net secara khusus pernah menulis ulasan tentang cara mengatasi komputer panas.

Demikian ulasan singkat tentang cara  agar komputer tidak lemot ala gudangcara.net. Semoga artikel cara  agar komputer tidak lemot ini bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki komputer.

gcadmin
Leave a Reply