Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas, Mudah Banget!

Salah satu yang mempengaruhi kinerja laptop adalah penggunaan atau pengoperasiannya. Jika laptop di operasikan dengan cara yang benar, maka laptop akan menjadi lebih awet. Dan sebaliknya, jika laptop di operasikan dengan cara yang salah maka laptop biasanya akan cepat rewel.


Salah satu masalah laptop yang sering muncul karena salah pengoperasiannya adalah laptop menjadi lekas panas. Jika terus di biarkan panas secara terus menerus, dapat di pastikan umur laptop tidak akan bertahan lama.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panasimage via ightysupport.com

Agar laptop kamu bisa bekerja maksimal dan tahan lama, silakan simak ulasan tentang cara agar laptop tidak cepat panas berikut ini.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Perhatikan tempat meletakkan laptop

Cara agar laptop tidak cepat panas yang pertama adalah perhatikan tempat pengoperasian laptop. Pastikan laptop berada di atas bidang yang datar, misalnya meja, kaca, dan sebagainya.



Hindari meletakkan laptop di atas benda atau bidang bisa menyimpan kalor/panas, misalnya kasur, bantal, busa dan sejenisnya. Oleh sebab itu, jangan biasakan menggunakan laptop sambil tidur-tiduran di atas tempat tidur.

Sirkulasi udara di dalam ruangan

Laptop akan cenderung menjadi lebih panas jika sirkulasi udara di dalam ruangan kurang baik. Kelembaban udara daerah tropis seperti di Indonesia di tambah dengan sirkulasi udara yang jelek akan meningkatkan suhu komponen laptop secara signifikan.

Gunakanlah lapto pada ruangan yang sirkulasi udaranya lancar dan hindari menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung.

Tambah mini fan

Mini fan laptop biasanya di jual terpisah sebagai aksesoris. Nah, kalo kamu punya budget ekstra, maka tidak ada salahnya kamu membeli mini fan laptop yang biasanya di letakkan di bawah laptop pada saat laptop di operasikan.

Mini fan ini mendapatkan catu daya dari port USB dan tidak berisik. Mini fan juga berfungsi untuk memastikan sirkulasi udara di bawah laptop dalam keadaan lancar.

Bersihkan laptop secara berkala

Salah satu cara agar laptop tidak cepat panas yang paling mujarab adalah biasakan membersihkan laptop secara berkala.

Laptop biasanya memiliki kisi-kisi yang menjadi tempat keluar dan masuknya udara dari dan kedalam laptop. Kisi-kisi ini akan menjadi berdebu jika tidak sering di bersihkan. Nah, tumpukan debu ini akan menjadi andil peningkatan suhu di dalam laptop.


Demikian sedikit tips tentang cara agar laptop tidak cepat panas. Semoga bisa memberikan manfaat buat kamu yang biasanya bekerja dengan menggunakan laptop kesayangan.

Artikel Pilihan

Cara Mendapatkan 13 Juta Per Bulan Dari GrabCar Baru-baru ini dunia maya di ramaikan dengan sebuah hadirnya aplikasi online berbasis transportasi masal bernama grabcar, grabcar sendiri adalah aplika...
CARA MEMILIH MOBIL COROLLA KLASIK KE20 DAN KE30 Pada awal masa tahun 70an Corolla ke series mulai merambah tanah air dengan sedan mungil pertama yang di sebut corolla KE20 atau corolla peanut di dat...
3 Hal Penting Yang Harus Anda Periksa Saat Membeli... Membeli mobil bekas adalah sebuah proses yang gampang-gampang susah. Diperlukan ketelitian dan sedikit pengetahuan agar mobil bekas yang anda beli tid...
Cara Jitu Memilih dan Membeli Mobil Tua Mobil tua atau mobil retro, ya mungkin kamu adalah salah satu orang yang meminatinya, apalagi untuk saat ini mobil tua banyak di gemari kawula muda da...
Cara Rekondisi Mobil Klasik Agar Tampil Menarik Halo sobat! Kali ini kita akan membahas cara rekondisi mobil klasik agar tampil menarik dan bernilai tinggi. Mungkin kamu butuh saran atau cara untuk ...
Cara Jitu Mendapatkan Cewek Cantik Idaman Hai para jomblowers semua khususnya bagi para cowok-cowok yang masih jomblo, pastinya kalian semua mengidamkan cewek yang cantik dan menawan untuk di ...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *