Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas, Mudah Banget!

Salah satu yang mempengaruhi kinerja laptop adalah penggunaan atau pengoperasiannya. Jika laptop di operasikan dengan cara yang benar, maka laptop akan menjadi lebih awet. Dan sebaliknya, jika laptop di operasikan dengan cara yang salah maka laptop biasanya akan cepat rewel.


Salah satu masalah laptop yang sering muncul karena salah pengoperasiannya adalah laptop menjadi lekas panas. Jika terus di biarkan panas secara terus menerus, dapat di pastikan umur laptop tidak akan bertahan lama.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panasimage via ightysupport.com

Agar laptop kamu bisa bekerja maksimal dan tahan lama, silakan simak ulasan tentang cara agar laptop tidak cepat panas berikut ini.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Perhatikan tempat meletakkan laptop

Cara agar laptop tidak cepat panas yang pertama adalah perhatikan tempat pengoperasian laptop. Pastikan laptop berada di atas bidang yang datar, misalnya meja, kaca, dan sebagainya.



Hindari meletakkan laptop di atas benda atau bidang bisa menyimpan kalor/panas, misalnya kasur, bantal, busa dan sejenisnya. Oleh sebab itu, jangan biasakan menggunakan laptop sambil tidur-tiduran di atas tempat tidur.

Sirkulasi udara di dalam ruangan

Laptop akan cenderung menjadi lebih panas jika sirkulasi udara di dalam ruangan kurang baik. Kelembaban udara daerah tropis seperti di Indonesia di tambah dengan sirkulasi udara yang jelek akan meningkatkan suhu komponen laptop secara signifikan.

Gunakanlah lapto pada ruangan yang sirkulasi udaranya lancar dan hindari menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung.

Tambah mini fan

Mini fan laptop biasanya di jual terpisah sebagai aksesoris. Nah, kalo kamu punya budget ekstra, maka tidak ada salahnya kamu membeli mini fan laptop yang biasanya di letakkan di bawah laptop pada saat laptop di operasikan.

Mini fan ini mendapatkan catu daya dari port USB dan tidak berisik. Mini fan juga berfungsi untuk memastikan sirkulasi udara di bawah laptop dalam keadaan lancar.

Bersihkan laptop secara berkala

Salah satu cara agar laptop tidak cepat panas yang paling mujarab adalah biasakan membersihkan laptop secara berkala.

Laptop biasanya memiliki kisi-kisi yang menjadi tempat keluar dan masuknya udara dari dan kedalam laptop. Kisi-kisi ini akan menjadi berdebu jika tidak sering di bersihkan. Nah, tumpukan debu ini akan menjadi andil peningkatan suhu di dalam laptop.


Demikian sedikit tips tentang cara agar laptop tidak cepat panas. Semoga bisa memberikan manfaat buat kamu yang biasanya bekerja dengan menggunakan laptop kesayangan.

Artikel Pilihan

Cara Merawat Sasis Mobil Agar Tidak Karatan Hai Sob, mungkin kamu mempunyai sebuah mobil baru atau mobil yang sudah lama kamu miliki. namun mobil kamu ada sedikit karat pada bagian sasis bawah d...
Cara Mengatasi Perasaan Galau Dengan Mudah dan Men... Cara Mengatasi Perasaan Galau Dengan Mudah dan Menyenangkan – Perasaan galau bisa datang kapan saja dan di mana saja. Kegalauan biasanya datang karena...
3 Cara Memilih, Merestorasi, dan Merawat Datsun Tu... Ngomongin soal datsun tua atau yang di sebut juga dengan bahasa kerennya dengan datsun retro memang gak ada habisnya, mobil yang pernah menjadi raja j...
Intip Contoh Modifikasi Suzuki Ertiga Terbaru Intip Contoh Modifikasi Suzuki Ertiga Terbaru - Bingung mau cari info atau contoh modifikasi suzuki ertiga?? Mobil jenis mpv yang di keluarkan oleh su...
Cara Merubah Domain Blogger TLD Kami Tidak Dapat M... Cara Merubah Domain Blogger TLD Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14 - Blogger atau blogspot adalah salah satu ...
Mengenal 4 Kelebihan Dan Kekurangan Honda BRV Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Honda BRV - Honda adalah salah satu pabrikan mobil asal jepang yang sangat berpengalaman di indonesia dalam bidang ot...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *