Cara Mudah Memperbaiki eMMC Hp Android Yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki eMMC Hp Android Yang Rusak – Embedded Multi-Media Controller atau yang di sebut juga dengan singkatan eMMC adalah salah satu perangkat yang sangat penting dan vital yang di tanam pada smartphone. Bisa di bilang eMMC ini sebagai memory internal bawaan dari pabriknya yang berfungi untuk menyimpan operating system dan juga menyimpan sebagian data sekaligus aplikasi yang telah di install atau yang ingin anda install jika belum terdapat SD card pada smartphone anda.

Kebanyakan orang tidak mengerti dan mengabaikan jika eMMC sudah lemah dan performanya turun segeralah mengurangi kapasitas yang terdapat pada eMMC itu sendiri. Kapasitas eMMC bisa anda lihat pada pemakaian internal storage atau ruang penyimpanan bawaan dari pabriknya.

eMMC sendiri sering rusak dan tidak berfungsi lagi di sebabkan oleh beberapa hal dan ketidak pedulian user dalam menggunakan perangkat smartphone.

#Terlalu Banyak Aplikasi Berat
Terlalu banyak menginstall dan menyimpan aplikasi yang berat dan berkapasitas besar bisa membuat eMMC smartphone anda rusak dan tidak dapat di gunakan lagi.

Untuk itu cobalah memerhatikan aplikasi apa saja yang sedang berjalan dengan kapasitas yang besar dan dapat memberatkan smartphone dan juga eMMC anda. Uninstall aplikasi tersebut agar memberikan efek yang signifikasi pada eMMC smartphone anda.

Selain itu, banyak smartphone panas dengan cepat karena sedang menjalankan aplikasi yang berat. Hindari over hit pada smartphone anda karena dapat berdampak buruk pada eMMC bahkan eMMC akan tidak terbaca secara mendadak dan menyebabkan smartphone tidak bisa booting alias bootlop. Hal di atas perlu anda lakukan agar eMMC dapat bertahan lama dan bekerja optimal pada smartphone anda. Jangan anggap sepele dengan perangkat eMMC, karena harga eMMC cukup mahal di pasaran.

Berikut adalah cara mudah memperbaiki eMMC smartphone dengan harga murah

#Pertama
Hal yang pertama yang anda bisa lakukan untuk memperbaiki smartphone bootlop karen eMMC nya rusak dengan cara mencopot semua bagian perangkat. Kemudian, Ambil mainboard dan masukan ke dalam plasik. Setelah itu masukkan ke dalam plastik dan dinginkan ke dalam freezer atau kulkas dalam waktu kurang lebih 12 jam.

Perlu di ingat jangan sampai perangkat mainboard terkena air. Jadi, pastikan plastik yang anda gunakan tidak bolong dan bocor sedikitpun. Setelah di dinginkan selama 12 jam kemudian pasang kembali ke dalam casing hp dan rapihkan seperti semua.

#Kedua
Setelah semua terpasang, jangan dulu di hidupkan. Tunggu kurang lebih 1 jam kemudian sambungkan smartphone ke kabel usb komputer untuk di flash ulang dan install ulang. Hal ini di lakukan karena untuk merefresh operating system yang corrupt pada saat eMMC panas dan hang.

#Ketiga
Pilihlah aplikasi tambahan untuk menginstall ulang / flash smartphone anda, usahakan mencari aplikasi yang di dalamnya terdapat fitur scan and repair eMMC agar dapat memastikan eMMC sudah berfungsi seperti sediakala.

Jika eMMC belum juga dapat di gunakan meskipun anda sudah melakukan cara yang sudah di sebutkan seperti di atas, maka kamu harus mengganti hardware dari eMMC itu sendiri. Untuk saran saja, carilah eMMC dengan kondiri seken atau copotan, agar biaya yang di keluarkan terlalu mahal. Karena dengan mengganti eMMC dengan barang copotan bisa lebih murah dari harga barunya yang berkisar 2 kali lipat.

Ok guys, mungkin segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Mudah Memperbaiki eMMC Hp Android Yang Rusak semoga dapat menambah manfaat untuk kita semua. (Done)

Wirawan
Leave a Reply