Cara Mudah Mengatasi Gagal Singkronisasi UNBK

Cara Mudah Mengatasi Gagal Singkronisasi UNBK – Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah salah satu bentuk ujian yang di lakukan secara online bersamaan. UNBK sendiri baru di galakan oleh pemerintah pada tahun 2016 lalu, yang mana pada saat itu hanya baru beberapa kota dan sekolah saja yang ikut serta dalam program UNBK tersebut.

Namun sebelum sekolah ikut serta dalam program UNBK, sekolah tersebut harus melakukan sinkronisasi soal dan data siswa 5 hari sebelum ujian di laksanakan. Sinkronisasi sendiri dilakukan setiap ujian UNBK akan di selenggarakan sesuai dengan simulasi dan sampai Ujian Nasional berlangsung.

Hal ini di lakukan karena setiap simulasi dan ujian berlangsung maka soal yang akan di ambil dari server berbeda dengan simulasi sebelumnya. Simulasi sendiri terbagi menjadi 3 bagian, dan harus di sinkronisasi setiap simulasinya agar dapat mengikuti program UNBK.

Sikronisasi sendiri tersedia sembilan part untuk di download melalui file .vhd UNBK yang sudah di install pada virtual box masing-masing. Pastikan sebelum sinkronisasi di lakukan, settingan network atau jaringan sudah benar dan dapat terkoneksi ke internet.

Namun bagaimana jika anda sebagai teknisi di sekolahan gagal saat melakukan sinkronisasi? Beberapa waktu yang lalu ada beberapa sekolah bermasalah saat melakukan sinkronisasi pada mesin virtual box yang mereka jalankan dalam exambro admin.

Kejadian yang sangat membingungkan adalah pada saat sinkronisasi berjalan normal pada part 1 2 3 namun pada part 4 sikronisasi seakan berhenti dan tidak bergerak sama sekali alias hang.

Namun tidak perlu panik beberapa hal ini dapat anda lakukan jika sikronisasi gagal

#Pastikan CBT Aktif
Pastikan CBT anda dalam kondisi aktif dan dapat di gunakan agar sinkronisasi dapat segera di lakukan.

#Periksa RAM PC
Pastikan Ram pada PC anda di atas 8GB, karena Ram tersebut akan menjalankan 2 Operating System pada saat bersamaan dan harus menjalankan sebuah browser untuk memastikan sistem berjalan sempurna pada dalam virtual box.

Jika terjadi “macet” atau “hang” pada saat sinkronisasi kemungkinan ram anda kurang sehingga tidak dapat menjalankan dan mengekstrak file sikronisasi yang bersifat database yang sangat berat dan berukuran besar.

#Restart Virtual Dan Exambro Admin
Langkah selanjutnya jika terjadi hang dan macet pada saat sinkronisasi, cobalah restart virtual box dan juga exambro admin anda. Kemudian start kembali seperti semula, setelah itu jalankan lagi sepeti semula begitu juga dengan exambro adminnya. Lakukan sikronisasi ulang seperti semula dengan merefresh status terlebih dahulu dan kamudian menekan tombol start sync.

Biasanya part yang akan di download akan menyesuaikan dengan sendirinya bagian mana saja yang sudah terdownload sebelum CBT macet.

OK gusy segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai  semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. (Done)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *