Ini Dia Cara Terbaru Mendeteksi CDI Yang Rusak

Ini Dia Cara Terbaru Mendeteksi CDI Yang Rusak – Capasitive Discharge Inition adalah sebuah sistem atau bisa di bilang jantung pengapian pada sebuah kendaraan, cara kerja dari CDI sendiri dengan menggunakan sensor  apabila di pancing atau di pantik dengan sesuatu maka ia akan menyala.

Sensor yang terdapat pada CDI umumnya adalah sensor berjenis hall atau sensor camshaft yang memanfaatkan fitur hall yang di lapis tipis dengan semi konduktor yang sudah di aliri arus listrik maka secara tidak langsung akan menghasil potensial (VOUT) karena terdapat perubahan medan magnet dengan tegak lurus.

cdi-rusak

Manfaat yang di hasilkan dari sistem pengapian CDI sendiri diantara lain:

  • Tidak ada kontak yang berarti dan secara tidak langsung dapat meminimalisir tingkat ke aus-an pada pengapiannya atau yang di sebut juga dengan kata timeless/wearless.
  • Sistem pengapian CDI sendiri tidak menggunakan sistem kontak maka secara tidak langsung tidak akan berpengaruh pada kotoran, embun dan getaran yang menempel pada dinding CDI itu sendiri. Jadi bisa memudahkan kendaran memancing api dari CDI pada saat akan di starter.
  • Sistem CDI bisa mengadopsi koil racing yang nilai hambatannya lebih rendah, yang tidak dapat di adopsi oleh sistem pangapian yang masih menggunakan platina.
  • Tidak perlu stel-stel pengapian yang dapat mempengaruhi kinerja mesin kendaraan anda. Dan tidak dapat di geser-geser seperti pengapian pada platina.

CDI sendiri adalah sistem pengapian yang sempurna jika di bandingkan dengan platina, dan pengapian CDI ini sampai sekarang masih di gunakan oleh kendaraan dari berbagai macam merk mulai dari eropa dan jepang.

Namun tahukah anda bagaimana cara mengetahui jika CDI tersebut rusak dan sudah tidak layak di gunakan lagi? Yuk kita simak bagaimana cara cek CDI yang sudah rusak di bawah ini.

Tempelkan Busi
Jika busi anda masih dalam kondisi yang prima maka pengapian dari CDI bisa anda cek langsung dengan menggunakan busi yang berada pada mesin kendaraan. Tempelkan saja busi tersebut pada dinding mesin dan lihat apakah api yang keluar berwarna biru atau tidak, jika api yang keluar berwarna biru berarti busi dan CDI anda dalam kondisi yang prima, namun jika pengapian api berwarna orange kemerah-merahan berarti pengapian busi atau CDI anda kurang prima.

Copot Busi
Cara kedua copot katup kabel yang mengarah dari CDI ke busi yang menempel pada busi kendaraan anda, setelah itu tempelkan kabel CDI yang mengarah ke busi tersebut ke dinding mesin. Stater dan lihat apakah terdapat api yang keluar dari kabel tersebut. Jika tidak ada, maka dapat di pastikan CDI kendaraan anda sudah mati dan tidak bisa di pakai lagi.

Cek Dari Dampak
Cek dari dampak jika mobil anda mati secara tiba-tiba saat sedang berjalan. Atau bisa juga cek saat mobil anda tidak bisa di hidup saat pagi meskipun starter bisa di lakukan dengan cara normal, ini bisa jadi pengapian CDI anda mati dan sudah tidak bisa di gunakan lagi karena tidak ada api saat pemantik di nyalakan.

Ok guys segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Terbaru Mendeteksi CDI Yang Rusak semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *