Cara Mudah Mempelajari Android Studio

Cara Mudah Mempelajari Android Studio – Android Studio sekarang memang sedang populer, dan banyak orang yang mulai membuatnya. Mungkin dari Anda yang membaca ini ada yang ingin mulai untuk membuat Android Studio.
Bagi Anda yang ingin lebih mengenal dekat dengan android studio, berikut ini merupakan uraian yang pas mengenai android studio. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mudah mempelajari android studio yang bisa anda pahami :

android-studio-logo

# Layout Pada Android Studio
Cara mudah mempelajari android studio yang pertama yaitu dengan memahami layoutnya. Layout pada android dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu text dan design. Secara otomatis, pada saat dibuka layout xml pada android studio menggunakan mode design, akan tetapi Anda dapat mengubahnya ke mode text. Dengan ini maka terlihat source code dari text XML di Android studio telah memiliki Live Preview. Sehingga Anda tidak perlu kembali ke mode design hanya untuk mengetahui hasil dari kode XML.
# Struktur Folder Pada Android Studio
Cara mudah mempelajari android studio berikutnya yaitu dengan memahami struktur foldernya. Struktur pada folder Android Studio ada beberapa folder seperti app, idea, gradle dan file yang di root folder. Folder app merupakan folder utama yang terdapat pada aplikasi android. Di dalamnya pada folder build seperti gen di eclipse, isinya berupa file atau data hasil generate dari IDE. Sehingga Anda tidak perlu mengubah isi folder tadi. Selanjutnya folder libs sama seperti pada eclipse.
Apabila Anda menggunakan library dalam bentuk .jar, sebaiknya tempatkan pada folder libs. Kemudian pada folder src merupakan folder dimana tersimpan layout dan source java berbentuk XML. Dengan otomatis, android studio akan mengenerate dua folder seperti main dan androidtest. Folder androidtest yaitu folder khusus UnitTest, apabila Anda belum paham betul, sebaiknya Anda tetap fokus pada folder main, karena source dan resource terletak pada folder tersebut.
# Gradle Pada Android Studio
Cara mudah mempelajari android studio yang juga tidak kalah penting yaitu dengan memahami grandlenya. Sistem yang baru dari Android Studio yaitu gradle. Gradle merupakan sebuah featured build automation. Gradle ini berisi library yang digunakan untuk signed key properties, lokasi repository, versi aplikasi, dan lain sebagainya. File yang akan diubah adalah file build gradle yang terdapat dalam folder app.
File ini berisikan pengaturan agar versi sdk yang ada di compaile, seperti dependencies, build version, minSDK , nama paket aplikasi, , versioncode, dan versionname.

Hal lain yang perlu Anda tahu dalam mempelajari membuat Android Studio dengan mendownload tools-tools yang ada di bawah ini.
# Download android studio serta SDK tools yang terdapat di dalamnya. Ingat, Anda harus terhubung dengan internet untuk menginstalnya.
# Download lalu Anda bisa install JDK 7 atau Java Development Kit.
# Selanjutnya, download dan install USB Driver atau ADB Driver, supaya Anda bisa merunning aplikasi android pada smartphone menggunakan USB Debugging.
# Kemudian download dan install DroidScreem guna menampilkan layar smartphone pada pc atau komputer.
# Lalu Gennymotion Emulator Alternatif untuk para developer android.
Mempelajari Android Studio memang gampang-gampang sulit. Yang penting ada kemauan keras untuk mengetahuinya. Informasi di atas mungkin belum lengkap, oleh sebab itu Anda bisa mencari informasi lewat sumber lainnya.
Demikianlah informasi mengenai cara mudah mempelajari android studio. Semoga dengan informasi ini Anda bisa mempelajari android studio lebih jauh lagi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *