Mengenal Lebih Detil Fungsi Sway Bar dan Strut Bar Untuk Mobil

Mengenal Lebih Detil Fungsi Sway Bar dan Strut Bar Untuk Mobil  – Tak jarang mobil standar di gunakan dengan kecepatan tinggi ala mobil balap. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena komponen yang di miliki mobil standar tentu sangat berbeda dengan komponen pada mobil balap yang sudah di buat khusus untuk melaju kencang.
Salah satu komponen yang dulunya hanya di miliki mobil balap adalah stabilizer. Namun seiring perkembangan jaman, saat ini stabilizer juga sudah di gunakan pada mobil standar.

struth

Stabilizer merupakan komponen kaki mobil yang berfungsi untuk mengurangi getaran ban ban dan menjaga agar mobil tetap stabil meskipun di gunakan dengan kecepatan tinggi dan dalam medan yang berliku-liku.
Fungsi stabilizer untuk mobil sebenarnya sedikit berbeda tergantung dengan komponen tambahan stabilizernya. Berikut beberapa komponen dan fungsi stabilizer untuk mobil :

# Sway Bar
Sway bar adalah komponen pada stabilizer yang terbuat dari besi. Bentuk sway bar ini berbentuk panjang melintang, dimana panjang dari sway bar ini mengikuti dimensi lebar mobil.
Untuk pemasangan sway bar ini sendiri berada di bagian bawah mobil. Dan untuk menahannya sway bar dikaitkan dengan sasis dan suspensi mobil tersebut.
Berikut fungsi stabilizer untuk mobil jenis sway bar :
Menjaga keseimbangan antara sasis dan suspensi mobil
Menghindari terjadinya body roll maupun understeer.

# Strut Bar
Untuk komponen stabilizer strut bar ini dulunya hanya di buat untuk karakter mobil sport. Strut bar ini merupakan komponen standar mobil sport. Namun saat ini strut bar sudah banyak beredar di pasaran dan termasuk onderdil mobil.
Strut bar ini termasuk onderdil atau komponen after market untuk mobil lama.
Berbeda lagi untuk mobil balap. Untuk mobil balao strut bar ini adalah komponen mobil yang wajib di miliki.
Pemasangan dari strut bar ini adalah melinang di antara mesin yang ujungnya tersambung dengan ikatan atas shock absober mobil anda.
Fungsi stabilizer untuk mobil jenis strut bar ini adalah menjaga kestabilan mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini terjadi karena strut bar dapat menambah kekuatan cengkraman pada ban dengan aspal, terlebih saat mobil melintasi medan yang berliku.
Karena pada dasarnya diperuntukkan untuk mobil sport dan mobil balap, maka sturt bar ini memiliki kekurangan, yaitu kurang pas atau nyaman jika di gunakan pada mobil yang di pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Pada intinya sebenarnya fungsi stabilizer untuk mobil adalah untuk menjaga keamanan mobil. Karena saat mobil lebih stabil ketika melintasi medan yang cukup tajam seperti medan yang berliku-liku, maka secara tidak langsung stabilizer tersebut telah menjaga keamanan pengemudi dan penunggang mobil lainnya.
Untuk mendapatkan fungsi stabilizer untuk mobil secara maksimal, tentu stabilizer yang anda gunakan atau pasangkan haruslah yang berkualitas baik. Untuk memilih stabilizer yang baik dan sesuai dengan mobil anda, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

1. Bahan
Bahan merupakan salah satu komponen yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas stabilizer. Saat anda menggunakan stabilizer dengan bahan yang baik maka kinerja stabilizer tersebut akan lebih maksimal di banding dengan stabilizer berbahan jelek.

2. Pemasangan
Pemasangan stabilizer juga harus di lakukan dengan baik agar manfaat stabilizer untuk mobil bisa di dapatkan dengan maksimal. Untuk anda yang memiliki mobil lama yang belum memiliki stabilizer, maka pemasangan stabilizer ini sebaiknya anda serahkan pada ahlinya.
Demi meningkatkan keamanan berkendara anda, sebaiknya segera pasangkan stabilizer pada mobil anda. Dan yang terpenting jangan pernah memikirkan biaya demi keselamatan dan kenyamanan jiwa anda.

Ok guys, segitu dulu sharing kita kali ini tentang Mengenal Lebih Detil Fungsi Sway Bar dan Strut Bar Untuk Mobil semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. (Done)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *