Ini Dia 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Yang Berkualitas

5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Yang Berkualitas –¬†Bearing atau leher adalah salah satu bagian roda dimana fungsinya adalah sebagai peminimalisir gesekan. Bearing ini akan menghubungkan antara dua part saat terjadi perputaran atau rotasi, sehingga gesekan akan terminimalisir.
Namun fungsi bearing tersebut akan di peroleh ketika anda menggunakan bearing yang berkualitas pada roda kendaraan anda. Cara memilih bearing yang berkualitas sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal saja.

cara cek kleher atau bearing yang rusak

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam cara memilih bearing yang berkualitas :

#Bahan
Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam cara memilih bearing yang berkualitas adalah bahan yang di gunakan untuk pembuatan bearing.
Untuk mengetahui bahan atau materi yang di gunakan bagus atau tidak, anda dapat mengetahuinya dari kilau bearing. Saat bearing tersebut terbuat dari bahan yang bagus maka akan terlihat berkilau. Bearing tersebut tidak akan terlihat kusam atau sedikit kotor.
Selain itu, bearing yang bagus juga akan mulus, tidak terdapat satu goresan pun. Atau bahkan terdapat permukaan yang tidak rata.

#Bentuk
Bentuk dari bearing juga harus di perhatikan dengan baik. Cara memilih bearing yang berkualitas adalah dengan memilih bentuk bearing yang bulat sempurna.
Jika anda menemukan bearing yang memiliki kecacatan bentuk sebaiknya jangan di beli meskipun dengan harga yang lebih murah. Karena kecatatan bentuk bearing tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas bearing. Serta akan membuat kinerja bearing tidak maksimal.

#Putaran
Anda juga dapat mengetahui bearing yang berkualitas dengan cara mengeceknya dengan perputaran. Cara memilih bearing yang berkualitas ini adalah dengan memutar bearing secara perlahan.
Ketika bearing berputar anda harus memperhatikan dengan baik, jika bearing berputar dengan lancar dan tidak ada sendatan maka bisa di pastikan bearing tersebut baik dan berkualitas.
Sedangkan untuk bearing yang kurang bagus maka putarannya akan tersendat-sendat ketikan di putar pelan.

#Tidak oleng
Cara memilih bearing yang berkualitas berikutnya adalah dengan melihat hasil pemasangan bearing. Ketika bearing di pasang dan terlihat oleng atau terasa oleng, maka bearing itu sudah jelas tidak bagus dan berkualitas.
Untuk bearing yang berkualitas sudah pasti tidak akan oleng ketika di pakai. Bearing akan melekat dengan mantap dan tegak pada posisinya.

#Merk jelas
Selain 4 hal di atas, anda juga dapat mengetahui kualitas bearing dari merknya. Saat bearing yang anda pilih adalah bearing yang berkualitas maka merknya akan tercantum jelas.
Selain itu, ukuran dan jenis bearing juga akan tercantum jelas. Karena bearing yang tidak mencatumkan ukuran, jenis bahkan merk yang jelas maka bisa di curigai bahwa bearing tersebut adalah bearing bekas yang kualitasnya telah rusak.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui merk, jenis dan ukuran bearing secara jelas maka jika terjadi ketidakcocokan akan lebih mudah dalam penukarannya.
5 cara memilih bearing yang berkualitas di atas sebaiknya anda perhatikan dan lakukan dengan baik. Karena jika anda salah memilih bearing, maka akibat yang di timbulkan akan sangat merugikan.
Untuk mendapatkan bearing yang berkualitas, sebaiknya anda jangan terlalu mudah tertarik dengan harga yang murah. Karena percaya tidak percaya bahwa setiap barang yang memiliki harga jual cukup tinggi potensi kualitas yag di berikan juga lebih baik.
Meskipun begitu, harga jangan di jadikan sebagai satu-satunya patokan untuk mencari bearing yang berkualitas. Anda juga tetap harus teliti dalam memilih bearning dan menerapkan cara memilih bearing yang berkualitas seperti di atas.

Ok guys, segitu dulu sharing kita mengenai 5 Cara Memilih Bearing Atau Klaher Mobil Yang Berkualitas semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. (Done)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *