Ini Dia 3 Cara Mudah Cek Kleher Atau Bearing Yang Rusak

Ini Dia 3 Cara Mudah Cek Kleher Atau Bearing Yang Rusak – Bearing roda merupakan suatu bagian penting dalam mobil. Untuk itulah bearing roda harus di jaga dengan baik, sebab jika terjadi kerusakan pada bearing atau leher roda ini akan menimbulkan beberapa masalah yang mengganggu.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan pada leher atau bearing roda mobil, tentu anda harus mengetahui cara cek kleher atau bearing yang rusak. Cara cek kleher atau bearing yang rusak ini dapat di lakukan dengan beberapa cara.

cara cek kleher atau bearing yang rusak

Berikut ini cara cek kleher atau bearing yang rusak :

#Suara
Kerusakan kleher atau bearing mobil ini dapat di deteksi dengan suara. Cara cek kleher atau bearing yang rusak dengan mendengarkan suaranya ini cukup efektif. Ciri-ciri terjadinya kerusakan pada kleher atau bearing roda adalah terdapatnya suara gemuruh.

Suara gemuruh yang di timbulkan akibat kerusakan kleher atau bearing ini biasanya akan terdengar semakin keras saat kecepatan mobil meningkat. Dan kerusakan pada kleher bagian ban depan adalah kerusakan yang paling mudah di deteksi karena suara gemuruhnya akan masuk lewat kabin bagian depa mobil.

Kecepatan mobil yang memungkinkan suara gemuruh tersebut semakin terdengar keras adalah saat mobil berjalan dengan kecepatan minimal 40 km/jam.

#Dongkrak
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikutnya adalah dengan mendongkrak mobil. Ketika mobil sudah di dongkrak, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah memutar roda.

Ketika roda sedang dalam posisi berputar, segera pegang bagian shock breaker atau low arm nya. Untuk dapat mengetahui terjadinya kerusakan pada klher atau beating roda anda harus merasakan apakah ada getaran pada low arm tersebut.

Jika iya maka benar kalau beating roda mobil anda sedang rusak. Selain itu, anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing roda dengan melihat adanya gesekan antar logam yang tidak di beri pelumas.

#Putaran ban
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikut ini masih menggunakan dongkrak untuk alat bantunya. Saat mobil anda masih di dongkrak anda dapat mengecek kerusakan bearing dengan cara memegang ban mobil di bagian atas dengan satu tangan, lalu pegang bagian bawah ban dengan tangan lainnya.

Ketika sudah di pegang erat, putar roda tersebut. Dan jika ban sedang berputar terasa adanya perputaran dan pergerakan yang tidak wajar seperti oblak atau oleng maka bisa di pastikan bearing roda mobil anda sudah rusak.

Jika anda telah melakukan 3 cara cek kleher atau bearing yang rusak di atas, dan terbukti memang kleher atau bearing roda mobil anda rusak maka sesegera mungkin bawa mobil anda ke bengkel dan segera ganti bearing roda mobil anda.

Untuk cara cek kleher atau bearing mobil yang rusak yang pertama, anda harus melakukan dengan sangat teliti. Karena suara gemuruh ini sebenarnya juga bisa terjadi karena faktor lainnya seperti ban yang sudah aus atau benjol.

Untuk mengetahui suara gemuruh tersebut berasa dari bearing yang rusak atau ban yang telah aus anda dapat mengeceknya dengan mengganti ban mobil anda dengan ban serep yang masih bagus. Setelah itu jalankan mobil dengan kecepatan kurang lebih 50 km/jam, jika ban sudah di ganti dan suara gemuruh masih terdengar maka bisa di pastikan suara tersebut berasal dari kleher atau bearing yang rusak. Namun ketika ban sudah di ganti dan suara gemuruh hilang, maka suara tersebut berasal dari ban yang sudah tidak bagus lagi.

Semoga pembahasan tentang cara cek kleher atau bearing yang rusak di atas dapat menambah pengetahuan anda.

1 Komentar

  1. Ahmad Arif Balas

    saya punya hyundai trajet tahun 2001 M/T, pada tanggal 1 Juli 2016 saya ganti semua ban baru di ke4 roda, tetapi saat saya melaju di kecepatan 50km keatas ada suara gemuruh hingga masuk ke kabin, sebelum diganti ban memang ada bunyi gemuruh tetapi tidak begitu keras, tetapi setelah diganti ban baru malahan keras suara gemuruhnya…. mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *