5 Kriteria Ban Yang Cocok Untuk Mobil Offroad

Olagraga adalah suatu kegiatan yang banyak memberi manfaat bagi tubuh, serta dapat memberikan manfaat pula bagi mental seseorang. Karena selain dapat menyehatkan tubuh, dengan olah raga jiwa anda juga akan menjadi lebih tenang dan bahagia.

5 Kriteria Ban Yang Cocok Untuk Mobil Offroad

Dari berbagai jenis olah raga yang ada, offroad adalah salah satu jenis olah raga yang banyak digemari orang khususnya mereka yang menyukai olah raga yang menantang.

Dan salah satu faktor yang dapat menambah keasikan ketika anda melakukan offroad adalah penggunaan mobil yang pas. Berbagai kriteria harus di miliki sebuah mobil untuk layak di gunakan offroad.

Dari beberapa kriteria mobil offroad, bisa di bilang ban mobil adalah bagian terpenting yang harus di perhatikan. Ban yang cocok untuk mobil offroad tentu sangat berbeda dengan ban mobil umumnya.

Untuk memilih ban yang cocok untuk untuk mobil offroad, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

#1. Corak

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat memilih ban untuk mobil offroad adalah corak ban. Pastikan ban yang anda pilih memiliki corak yang cukup banyak dan rumit. Hindari ban dengan corak yang minim serta tidak jelas.

Corak yang cukup tajam ini bertujuan agar mobil tidak terselip saat melewati medan berlumpur atau medan lain yang memungkinkan mobil terperosok.

#2. Ukuran

Ban yang cocok untuk mobil offroad tentu harus memiliki ukuran yang cukup besar di banding dengan ban untuk mobil umum, baik dari ketebalan dan diameternya. Meskipun begitu, namun ukuran ban juga harus di sesuaikan dengan jenis mobil yang di gunakan.

Pilihlah ban dengan ketebalan karet cukup baik, untuk menyesuaikan ketahanan ban dengan medan berat yang akan di lalui nantinya.

#3. Konstruksi

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan dalam memilih ban yang cocok untuk mobil offroad adalah konstruksi ban.

Pemilihan ban dengan konstruksi yang pas ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran anda dalam melakukan offroad. Karena dengan menggunakan mobil yang memiliki ban berkonstruksi sesuai maka mobil akan lebih handal melewati medan yang berat.

#4. Jenis

Selain 3 hal di atas, jenis ban juga harus di pilih dengan baik. Sebenarnya jenis ban yang cocok untuk mobil offroad hanya ada 2 jenis yaitu tipe cross ply atau radial dan tipe bias play.

Kedua jenis ban ini memiliki memiliki perbedaan yang terletak pada serat kawat baja yang berada di dalam ban. Jika ban tipe cross ply memiliki serat kawat baja yang pemasangannya dengan posisi dari sudut kiri ke sudut kanan ban. Namun untuk ban tipe bias ply memiliki serta kawat baja yang pemasangannya dengan posisi melintang diagonal pada roda.

#5. Merk

Untuk pemilihan merk ban juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa kriteria yang harus di perhatikan di atas. Saat anda menggunakan ban dengan merk yang sudah terjamin kualitasnya, maka secara otomatis kenyamanan pun akan anda dapatkan.

Beberapa merk ban yang cocok untuk offroad dan sangat recommended antara lain adalah simex jugle track atau extreme track, super swamper, silverstone, mickey thompos. Dan beberapa merk lokal seperti good year extra grip, bridgestone,  dan jeep service.

5 kriteria ban yang cocok untuk mobil offroad di atas sebaiknya anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai anda salah memilih ban, yang akhirnya akan merusak keasikan dan kenyamanan offroad anda.

Dan untuk mendapatkan ban yang terbaik, yang terpenting adalah anda jangan sampai takut mengeluarkan uang yang cukup besar dan akhirnya memilih ban dengan kualitas kurang baik.

gcadmin
Leave a Reply