Cara Mengatasi Motor Matic Boros Bahan Bakar Minyak (BBM)

Motor Matic adalah motor teknologi paling anyar sejak awal tahun 2005 silam, hingga saat ini varian motor matic adalah salah satu varian motor terlaris di indonesia. Selain mudah di kemudikan motor matic juga berpenampilann sangat trendy dan sporty maka dari itu banyak di minati oleh khalayak ramai, setelah bertahun-tahun produsen motor matic banyak mengeluarkan pilihan motor yang bervariasi dan menarik banyak konsumen di tanah air.

Namun ada beberapa hal yang konsumen keluhkan dari motor dengan teknologi automatic ini, salah satu keluhan yang paling mendasar ialah sangat boros pada konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Jika kita amati dari motor matic ini sangatlah boros di bandingkan dengan motor bebek biasa, di indonesia sendiri ada beberapa pilihan bahan bakar minyak atau bensin seperti pertamax, pertalite dan juga premium namun hal ini tidak mencegah penyebab borosnya motor matic ini.

bensin matic

Untuk itu tim gudangcara.net telah menyediakan solusi dan hal apa saja yang harus di perhatikan jika motor matic kamu teramat boros, Berikut adalah hal yang harus kamu cek dan ricek jika motor matic kamu teramat boros pada bensin.

#Pertama
Komponen yang harus kamu perhatikan adalah pada bagian V-belt, V-belt ini berfungsi untuk memutar roda bagian belakang atau istilah kasarnya berfungsi sebagai rantai yang menggerakkan roda bagian belakang. Jika V-belt ini aus atau pecah-pecah pada bagian permukaannya dapat menyebabkan motor kurang bertenaga dan juga berat saat berakselerasi dan banyak memakan bensin pada umumnya. Untuk mengatasinya lakukan pergantian V-belt secara berkala agar motor lebih tahan lama dan awet.

#Kedua
Komponen kedua yang harus kamu cek adalah pada bagian roller, roller adalah salah satu komponen penggerak yang berhungan dengan V-belt pada bagian dalam cvt jika roller tersebut sudah tidak sempurna lagi alias gompal atau tidak rata lagi pada permukaannya akan mengakibatkan akselerasi terhambat dan berat pada tarikan motor matic dan bisa menyebabkan getaran yang hebat saat pertama start. Untuk itu ganti roller dan V-belt secara berkala agar tidak boros bensin dan awet untuk di pakai sehari-hari.

#Ketiga
Hal yang ketiga adalah bersihkan komponen filter udara yang tersambung langsung ke bagian emisi, jika saringan kotor dapat menghambat akselerasi motor matic kamu sob.

#Keempat
Hal keempat periksa pada bagian blok silinder motor matic, jika blok silinder kotor, banyak endapan, dan berkerak hal ini bisa mengganggu akselerasi motor bahkan motor matic bisa “ngeden” jika terlalu banyak kotoran yang mengendap pada blok silinder.

Segitu dulu sharing kita mengenai hal Cara Mengatasi Motor Matic Boros Bahan Bakar Minyak (BBM), Semoga bermanfaat and keep sharing. (Done)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *