Cara Bikin Baru Dan Memperpanjang SIM Secara Online

Surat izin mengemudi atau yang di sebut juga dengan (SIM), yang kita pakai untuk mengendarai suatu kendaraan dengan legal baru-baru ini telah mengeluarkan fitur terbarunya. Apa saja fitur baru yang di sediakan pihak kepolisian untuk memperpanjang Surat izin mengemudi (SIM)?

image

Yup, fitur baru SIM terbaru adalah perpanjangan SIM secara online tanpa harus ribet ngantri dan menunggu panggilan yang sangat lama seperti biasanya. Dengan perubahan dan tuntutan jaman yang semakin canggih ternyata pihak kepolisian juga menyediakan sebuah alat canggih untuk memperpanjang SIM secara online, alat ini bisa di gunakan oleh siapapun dan kapanpun dan tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya sob.

Sebelum kamu memperpanjang SIM secara online sebaiknya kamu siapkan dulu beberapa syarat-syarat formalitas yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan bikin baru atau perpanjang SIM secara online, berikut adalah syarat-syarat yang harus kamu lengkapi:

Syarat Pengisian / Registrasi SIM Online
Bikin Baru :
1. KTP Asli dan Fotocopy (Valid)
2. Surat Keterangan Sehat dari dokter (Valid)
3. Formulir (Valid)
4. Kode Aktivasi (Valid)

Perpanjang
1. KTP Asli dan Fotocopy (Valid)
2. SIM Asli dan Fotocopy (Valid)
3. Kode Aktivasi (Valid)

Nah setelah kamu menyiapkan syarat-syarat dan data yang valid sekarang silakan masuk ke website Satlantas di daerah kamu masing masing, contoh website regional surabaya klik Satlantas SIM Online.

image

Pilih menu registrasi permohonan SIM yang berwarna hijau, kemudian kamu akan di arahkan ke sebuah bentuk formulir online yang wajib kamu isi dengan data diri yang valid dan benar.

image

Setelah formulir online di isi dengan lengkap kemudian klik daftar, dan jangan lupa untuk mengiai code captca yang tersedia ya.

Jika pendaftaran berhasil maka kamu akan mendapatkan kode pin yang tertera pada website tersebut, setelah mendapatkan kode pin tersebut segera catat dan bawa nomer pin tersebut ke tempat pembuatan SIM di kotamu untuk mencetak SIM yang telah kamu ajukan persyaratannya secara online tadi.

Eits… Jangan lupa siapkan biaya untuk mencetak SIM yang telah kamu ajukan secara Online tadi ya, berikut adalah biaya pembuatandan perpanjang SIM secara Online:
untuk Bikin Baru SIM Motor atau SIM C siapkan biaya sebesar Rp100.000 rupiah dan untuk perpanjang SIM Motor atau SIM C Rp75.000 Rupiah.
Estimasi biaya Untuk membuat SIM Mobil atau SIM A Rp120.000 dan biaya untuk perpanjangan SIM mobil atau SIM A Rp80.000 rupiah.

Segitu dulu sharing kita kali ini tentang bagaimana cara membuat dan memperpanjang SIM secara online, semoga bermanfaat untuk kita semua. (Done)

45 Komentar

  1. woto Balas

    Pak minta info mau perpanjang sim ,, krn alamat pindah dr depok ke jkt timur gi mn caranaya dan syarat apa aja .tq

  2. supriyadi Balas

    Pak minta info perpanjang sim A tp ktp mati 7bln dan sim A mati 1tahun msih bisa ga ya mohon infony trimakasih

  3. wahyudi Balas

    pa, minta infonya. sim saya banjar negara, tp krn skrang pndah prwkrto, ktp purwokrto. skrang mau prpanjang B1. hrus prpnjang d,tmpat asal sim, / bisa prpnjang d,prwokrto. trmksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *