3 Cara Memilih, Merestorasi, dan Merawat Datsun Tua / Retro

Ngomongin soal datsun tua atau yang di sebut juga dengan bahasa kerennya dengan datsun retro memang gak ada habisnya, mobil yang pernah menjadi raja jalanan pada masanya ini sekarang mulai banyak bangkit dari tidur panjangnya. Hal ini tidak bukan dan tidak lain adalah ulah para pecinta mobil tua yang membangkitkan kembali mobil yang telah uzhur itu, walau di kategorikan sebagai mobil yang sudah uzhur namun datsun tua / retro ini punya stylis yang berbeda di tangan dingin para pecinta mobil tua khususnya datsun.

image

Dahulu pada tahun 1970 sampai akhir tahun 1980 datsun sempat merajai pasar otomotif indonesia betapa tidak karena datsun terhadulu banyak sekali mengeluarkan varian mobil yang mengerti masyarakat indonesia, sebagai contoh datsun mengeluarkan mobil jenis niaga yakni datsun pick up, datsun station wagon yang kini hampir punah keberadaannya, dan datsun jenis sedan yang banyak di gemari keluarga indonesia pada jamannya. Datsun sendiri adalah mobil pabrikan asal jepang yang berkompetitor dengan rivalnya yakni toyota dari negara yang sama, namun nama datsun mulai terpendam pada tahun 1997 dan 1998 di karenakan masalah perekonomian yang memburuk banyak dealer datsun yang telah berdiri di pelosok negeri tutup dan bangkrut sehingga datsun pun sempat hengkang dari indonesia untuk beberapa tahun.

image

Setelah itu datsun pun kembali dengan memboyong nama nissan ke pasar otomotif indonesia, namun nama nissan tidaklah secerah datsun yang dulu mampu bersinar dan bersaing dengan para rivalnya di pasar otomotif indonesia. Alhasil nama datsun tak lagi terlihat di pasar otomotif dalam negeri, dan sekian lama masyarakat tak mengenal nama datsun lagi singkatnya datsun pun di keluarkan pada pertengahan 2015 kemarin dengan bentuk dan gaya yang lebih baru, dan banyak diminati masyarakat indonesia alias laris manis.

image

Walaupun datsun jenis terbaru telah rilis di indonesia, namun tak memudahkan mereka berpaling begitu saja dari seonggok datsun tua. Bahkan Seiring berjalannya waktu ternyata diam-diam para pecinta mobil retro datsun yang mempunyai jiwa seni yang sangat tinggi banyak merestorasi mobil datsun tua menjadi mobil yang berharga selangit bahkan harganya pun mengalahkan datsun tahun muda, datsun tua yang tadinya hanya sebuah onggokan mobil tua yang karatan bahkan orang lain pun enggan untuk melirik namun di mata para pecinta mobil retro datsun-datsun tua itu hidup dan bangkit kembali mengaspal di panasnya aspal indonesia.

image

Apakah kamu salah satu pecinta datsun retro? Atau baru ingin membeli dan merawat datsun retro dalam waktu dekat ini?

Pada kesempatan kali ini tim gudangcara.net akan membagi sedikit cara sebelum kamu membeli, memilki dan merawat datsun tua. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan-ulasan yang harus di persiapkan sebelum memelihara datsun retro.
image

#Pertama
Hal pertama yang paling mendasar adalah uang sob, siapkan uang sekitar 30 sampai 50 juta. Wah kok mahal banget? Kan harga datsun tua cuman kisaran belasan juta?
Jawabannya: Datsun tua yang harganya di kisaran belasan juta itu biasanya masih bahan dan banyak PR (Kekurangan) yang harus di lengkapi, mengapa harus menyediakan dana segitu banyaknya?
Jawabnya: Jangan tanggung-tanggung untuk membangun sebuah mobil tua atau retro, restorasi semua hal yang di butuhkan supaya nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kamu sendiri sebagai pemakai datsun retro. Pastinya semua orang menginginkan sebuah mobil yang bertahan lama kan? Nah, dengan merestorasi semua komponen yang harus di restorasi maka kamu akan puas memakai mobil retro tersebut dalam kurun waktu 5 tahun tanpa mogok dan PR yang begitu berarti.

#Kedua
Hal kedua adalah memilih dan memilah bahan datsun tua yang akan kamu bangun, yang paling penting dan harus di perhatikan dari datsun tua ini adalah sasisnya. Jika kamu mendapatkan bahan datsun retro untuk di restorasi maka jangan sampai sasis mobil tersebut keropos! Jika keropos ini pekerjaan yang berat karna berhubungan dengan sasis harus di tangani oleh bengkel yang berpengalaman dan profesional dalam bidang sasis mobil.

#Ketiga
Hal ketiga yang perlu di perhatikan adalah kulit jok, lampu-lampu yang tidak di rubah dari bentuk aslinya, emblem, list dan grill. Komponen-komponen ini cukup sukar untuk di dapatkan, jadi sebelum membeli datsun retro yang masih bahan coba perhatikan komponen-komponen yang telah di tulis tadi.

Ok, itulah yang harus sobat perhatikan sebelum memelihara datsun tua. Untuk masalah spare part mesin dan kaki-kaki datsun tua masih banyak yang jual kok di toko-toko onderdil, jadi untuk komponen spare part mesin dan kaki-kaki tidak perlu di risaukan.
Untuk perawatan datsun retro gak semahal mobil lainnya kok, jika di rawat berkala dengan baik mobil datsun tidak akan rewel. (Done)

20 Komentar

  1. agus Balas

    Gan nie saya punya mobil datsun tua mesinya mau nyala tpi didorong dulu, padahal akinya normal distater gak Mau nyala gmna gan solusinya thu mohon bantuanya gan

    • Singgih Cahya S Balas

      Itu dinamo starter nya BroAgus, klu didorong bru nyala kan…..? Itu artinya butuh energi kinetik unt menghidupkan engine, biasanya komponen tsb tugasnya dilakukan oleh dinamo starter. Coba dicek di tukang dinamo yg berpengalaman…bs krn brush arangnya abis, atau gulungan tembaganya ada yg gosong.

  2. Hendra Balas

    Ada yg pnya info bahan datsun pertamina pickup…hub. 085648697417
    Lagi kepincut sm datsun pertamina, thx…

  3. gold sur Balas

    bro harga pasaran nissan datsun 78 berapa y?n suku cadangny susah g?mhon infony

    • Wirawan PenulisBalas

      datsun tua bisa di cari persamaan untuk persamaan spare partnya pak. banyak yang sama dengan mobil jepang lainnya

  4. Izur Balas

    Saya punya datsun sss 1972 mau di restorasi dimana bengkel yg bagus dan pengalaman

  5. Izur Balas

    Mau tanya kalau mau merestorasi datsun sss
    Mohon info bengkel yg pengalaman dong
    Terimakasih

  6. Izur Balas

    Terima kasih infonya mas. Saya mau retro total mas mungkin harus di bengkel

  7. agusroney Balas

    Gan mu nanya pake cakram apa ya yg cocok buat datsun pick up short…. sama cdi yg cocok makasi gan tolong di info ya

      • agusroney Balas

        aduh salah beli saya malah dibeliin cakram jimny… kalau cakram jimny bisa g kira2 gan di pasng di datsun short… trus cdi yg cocok pake apa ya gan… mohon bantuannya msh amatir nih tp sy sangat suka sekali dgn dqtsun clasik…

  8. bambang Balas

    datsun pickup short….sekaliyan mau tak ganti mesin izuzu panther…bisa ngx ya?
    opr solar kan lebih ekonomis

  9. Eka setyadi Balas

    Maaf numpang tanya
    Kalo ganti sparepart rem belakang(tromol) buat datsun 120y kira” ada gak ya?
    Trus kalo beli 1set kanan kiri kira” sampai brp ya gan?
    Maturnuwun

  10. Zul Lubis Balas

    Saya butuh plat kopling, kampas kopling dan laher kompling utk datsun B110 pickup, mohon pencerahan dan infonya

  11. Zul Lubis Balas

    Saya butuh plat kopling, kampas kopling dan laher kopling utk datsun B110 pickup, mohon pencerahaan dan info nya. CP 08126335536-08122.012667

Tinggalkan Balasan ke Hendra Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *