3 Cara Memilih, Merestorasi, dan Merawat Datsun Tua / Retro

Ngomongin soal datsun tua atau yang di sebut juga dengan bahasa kerennya dengan datsun retro memang gak ada habisnya, mobil yang pernah menjadi raja jalanan pada masanya ini sekarang mulai banyak bangkit dari tidur panjangnya. Hal ini tidak bukan dan tidak lain adalah ulah para pecinta mobil tua yang membangkitkan kembali mobil yang telah uzhur itu, walau di kategorikan sebagai mobil yang sudah uzhur namun datsun tua / retro ini punya stylis yang berbeda di tangan dingin para pecinta mobil tua khususnya datsun.

image


Dahulu pada tahun 1970 sampai akhir tahun 1980 datsun sempat merajai pasar otomotif indonesia betapa tidak karena datsun terhadulu banyak sekali mengeluarkan varian mobil yang mengerti masyarakat indonesia, sebagai contoh datsun mengeluarkan mobil jenis niaga yakni datsun pick up, datsun station wagon yang kini hampir punah keberadaannya, dan datsun jenis sedan yang banyak di gemari keluarga indonesia pada jamannya. Datsun sendiri adalah mobil pabrikan asal jepang yang berkompetitor dengan rivalnya yakni toyota dari negara yang sama, namun nama datsun mulai terpendam pada tahun 1997 dan 1998 di karenakan masalah perekonomian yang memburuk banyak dealer datsun yang telah berdiri di pelosok negeri tutup dan bangkrut sehingga datsun pun sempat hengkang dari indonesia untuk beberapa tahun.

image

Setelah itu datsun pun kembali dengan memboyong nama nissan ke pasar otomotif indonesia, namun nama nissan tidaklah secerah datsun yang dulu mampu bersinar dan bersaing dengan para rivalnya di pasar otomotif indonesia. Alhasil nama datsun tak lagi terlihat di pasar otomotif dalam negeri, dan sekian lama masyarakat tak mengenal nama datsun lagi singkatnya datsun pun di keluarkan pada pertengahan 2015 kemarin dengan bentuk dan gaya yang lebih baru, dan banyak diminati masyarakat indonesia alias laris manis.

image

Walaupun datsun jenis terbaru telah rilis di indonesia, namun tak memudahkan mereka berpaling begitu saja dari seonggok datsun tua. Bahkan Seiring berjalannya waktu ternyata diam-diam para pecinta mobil retro datsun yang mempunyai jiwa seni yang sangat tinggi banyak merestorasi mobil datsun tua menjadi mobil yang berharga selangit bahkan harganya pun mengalahkan datsun tahun muda, datsun tua yang tadinya hanya sebuah onggokan mobil tua yang karatan bahkan orang lain pun enggan untuk melirik namun di mata para pecinta mobil retro datsun-datsun tua itu hidup dan bangkit kembali mengaspal di panasnya aspal indonesia.



image

Apakah kamu salah satu pecinta datsun retro? Atau baru ingin membeli dan merawat datsun retro dalam waktu dekat ini?

Pada kesempatan kali ini tim gudangcara.net akan membagi sedikit cara sebelum kamu membeli, memilki dan merawat datsun tua. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan-ulasan yang harus di persiapkan sebelum memelihara datsun retro.
image

#Pertama
Hal pertama yang paling mendasar adalah uang sob, siapkan uang sekitar 30 sampai 50 juta. Wah kok mahal banget? Kan harga datsun tua cuman kisaran belasan juta?
Jawabannya: Datsun tua yang harganya di kisaran belasan juta itu biasanya masih bahan dan banyak PR (Kekurangan) yang harus di lengkapi, mengapa harus menyediakan dana segitu banyaknya?
Jawabnya: Jangan tanggung-tanggung untuk membangun sebuah mobil tua atau retro, restorasi semua hal yang di butuhkan supaya nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kamu sendiri sebagai pemakai datsun retro. Pastinya semua orang menginginkan sebuah mobil yang bertahan lama kan? Nah, dengan merestorasi semua komponen yang harus di restorasi maka kamu akan puas memakai mobil retro tersebut dalam kurun waktu 5 tahun tanpa mogok dan PR yang begitu berarti.

#Kedua
Hal kedua adalah memilih dan memilah bahan datsun tua yang akan kamu bangun, yang paling penting dan harus di perhatikan dari datsun tua ini adalah sasisnya. Jika kamu mendapatkan bahan datsun retro untuk di restorasi maka jangan sampai sasis mobil tersebut keropos! Jika keropos ini pekerjaan yang berat karna berhubungan dengan sasis harus di tangani oleh bengkel yang berpengalaman dan profesional dalam bidang sasis mobil.

#Ketiga
Hal ketiga yang perlu di perhatikan adalah kulit jok, lampu-lampu yang tidak di rubah dari bentuk aslinya, emblem, list dan grill. Komponen-komponen ini cukup sukar untuk di dapatkan, jadi sebelum membeli datsun retro yang masih bahan coba perhatikan komponen-komponen yang telah di tulis tadi.


Ok, itulah yang harus sobat perhatikan sebelum memelihara datsun tua. Untuk masalah spare part mesin dan kaki-kaki datsun tua masih banyak yang jual kok di toko-toko onderdil, jadi untuk komponen spare part mesin dan kaki-kaki tidak perlu di risaukan.
Untuk perawatan datsun retro gak semahal mobil lainnya kok, jika di rawat berkala dengan baik mobil datsun tidak akan rewel. (Done)

17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *