Cara Membuat Resep Rahasia Nasi Goreng Lezat

Siapa yang tak mengenal masakan kuliner asal indonesia yang satu ini, nasi goreng.. Ya, pasti kamu semua pernah kan makan nasi goreng, tau gak ternyata ini lho yang membuat resep nasi goreng itu menjadi lezat saat di santap.

Kebanyakan orang di indonesia khususnya belum mengetahui nih buat para bunda..”Rahasia membuat nasi goreng yang sangat lezat dan enak ” Ternyata Rahasianya telah terkuak yaitu adalah ada pada bumbu satu ini yaitu”Baceman Bawang”. Ya, bawang yang di bikin bacem, seperti tempe bacem. Hehe

image

Berikut ini adalah cara baceman bawang :

Bahan-bahan : Bawang putih kupas 100 gram (20-25 siung) , kemiri 1 biji . cuci bawang putih yang telah di kupas tadi, kemudian tiriskan sampai kering. Jika perlu gunakan tisu untuk dibalut sekalian dan biarkan selama 24 jam atau sehari semalam sampai bawah yang telah di cuci tadi benar-benar kering. Dan Jangan sampai ada air satu tetespun yang melekat pada bawang tersebut.

Cara membuatnya baceman bawang :
Haluskan kemiri yang telah di cuci, kemudian giling kasar bawang putih. Kemudian Masukkan ke dalam toples berbentuk kaca, Tambahkan minyak goreng secukupnya sampai menutup seluruh bawang putih, kemudian tutup rapat sampai kedap udara. Biarkan selama berfermentasi berlangsung pada bawang yang berada pada dalam toples tersebut. Tunggu sampai minimal sehari semalam sampai fermentasi tersebut benar-benar berhasil dan siap untuk digunakan bisa untuk bumbu nasi goreng yang lezat, bisa juga di gunakan untuk bakmi jawa, sambal goreng dan berbagai macam masakan atau tumisan lainnya. Baceman bawang sendiri Bisa bertahan sampai sebulan dan bisa lebih, asal penutup toples kaca rapat kedap udara. makin lama prosses berfermentasi maka baceman bawang akan semakin enak, walaupun begitu ada baiknya bikin baceman bawang yang gak terlalu banyak kira-kira satu sampai dua minggu harus habis, agar dapet memproduksi baceman bawang yg selalu segar dan fresh untuk di gunakan pada bumbu nasi goreng.

Dalam seminggu sebaiknya tetap di suhu ruang, selebihnya baru bisa masuk kulkas.Sebaiknya beri sendok khusus didalamnya agar tdk terkontaminasi tetesan air dan bahan lainnya jika pakai sendok yang lain.

Cara pakai baceman bawang :
Ambil baceman bawang yang berada pada dalam toples + minyak yang tercampur pada baceman bawang secukupnya dengan sendok makan, lalu tumis bersama bumbu tambahan lain sesuai jenis masakan dan selera anda. Baceman bawang sendiri hanya sebagai pengganti bawang putih saja agar rasa dan aromanya lebih sedap dan lezat. Jika minyak dalam toples sudah menyusut atau hampir habis bisa menambahkan minyak goreng biasa untuk menambahkan minyak goreng yang telah menyusut dalam toples baceman bawang .

Begitulah kira-kira cara membuat baceman bawang untuk resep nasi goreng yang lezat..

Demikian sharing kita kali ini tentang baceman bawang untuk bumbu nasi goreng yang lezat, semoga bermanfaat ya.
Selamat mencoba ya bunda..

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *