Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil

Kebocoran ban pada mobil dapat menimbulkan bahaya terutama bahaya kecelakaan di jalan raya. Agar hal ini tidak terjadi pada sobat, maka kali ini gudangcara.net akan mencoba mengangkat tema cara mencegah kebocoran ban mobil yang sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil

Cara #1 – Hindari area atau jalan yang beresiko membuat ban mobil bocor

Cara sederhana dan mudah pertama untuk mencegah terjadinya kebocoran pada ban mobil adalah sebisa mungkin menghindari jalan yang beresiko membuat ban mobil bocor, misalnya jalan yang dekat dengan kegiatan pertukangan, industri, jalan yang sedang di perbaiki, dan sebagainya. Biasanya ada banyak material kecil yang bersifat tajam yang tersebar di jalanan seperti ini – paku, beling, kerikil tajam, dan sejenisnya.

Cari juga informasi mengenai jalan-jalan yang biasanya terdapat ranjau paku, dan usahakan jangan melintas di jalan raya tersebut.

Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil

Cara #2 – Periksa kondisi ban mobil

Lakukan pemeriksaan kondisi ban mobil sobat minimal 2 minggu sekali. Perhatikan seluruh permukaan karet ban, dan jika terdapat tanda-tanda kebocoran dan kerusakan fisik segera lakukan penggantian atau penambalan ban.

Sobat dapat menggunakan campuran air dan sabun deterjen untuk mendeteksi adanya kebocoran kecil pada ban mobil pada saat sobat melakukan pemeriksaan berkala tersebut.

Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil

[alert-success]Baca juga > Cara Rekondisi Mobil Klasik Agar Tampil Menarik[/alert-success]

Selain itu hindari juga pemakaian ban yang sudah mulai gundul atau mulai habis kontur karetnya, karena ban seperti ini sangat mudah bocor dan selip pada saat sobat melaju di jalan raya.

Cara #3 – Lindungi kebocoran ban dengan menggunakan tire sealant

Tire sealant adalah pelapis ban yang terbuat dari bahan-bahan kimia khusus. Biasanya tire sealant di aplikasikan pada ban mobil yang baru di beli dengan cara di semprotkan ke dalam bagian dalam ban sampai merata.

Tire sealant akan menjaga kebocoran ban yang di sebabkan oleh tusukan benda-benda tajam dan runcing, seperti paku-paku kecil.

Cara #4 – Jangan pernah menggunakan ban rekondisi

Cara Mencegah Kebocoran Ban Mobil

Beberapa bengkel ban nakal terkadang menggunakan dan menjual ban rekondisi. Perhatikan kondisi ban yang sobat beli agar terhindar dari penggunaan ban rekondisi. Ban rekondisi biasanya di jual dengan harga yang relatif murah namun memiliki kualitas yang sangat buruk.

Ban rekondisi dapat di kenali dengan kontur permukaannya yang kurang sempurna serta memiliki ketebalan yang lebih tipis jika di bandingkan dengan ban baru yang asli.

Cara #5 – Jika terjadi kebocoran, segera tambal di bengkel profesional

Hindari melakukan penambalan di bengkel ban yang berada di pinggir-pinggir jalan, karena terkadang petugasnya tidak menggunakan standar yang baik pada saat melakukan perbaikan dan penambalan. Hal ini bisa menyebabkan resiko kerusakan permanen pada ban, kerusakan rim, dan sebagainya.

Demikian beberapa tips atau cara mudah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada ban mobil sobat. Semoga bermanfaat!

gcadmin

No comments yet

  1. Visitor Rating: 4 Stars

  2. Visitor Rating: 5 Stars

Leave a Reply