Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop Atau Handphone


Koneksi internet yang stabil dan cepat kadang sangat kita perlukan jika kita kepepet akan mengirimkan data-data penting lewat email atau messenger. Akan tetapi, kadang muncul kendala yang mengganggu saat kita membutuhkan koneksi internet yang stabil, misalnya kehabisan kuota atau konektivitas atau sinyal wifi yang jelek.

Nah, dalam ulasan singkat kali ini, tim gudangcara.net akan mencoba mengangkat cara memperkuat sinyal wifi pada laptop atau handphone yang sobat gunakan.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop Atau Handphone

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop Atau Handphone

#1. Gunakan repeater

Repeater wifi adalah alat atau perangkat yang berguna untuk menambah cakupan atau jangkauan sinyal wifi. Harga repeater sangat beragam, dari puluhan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah tergantung pada kualitas dan merk repeater tersebut.



Letakkan repeater di tempat yang mendapatkan sinyal wifi paling kuat, kemudian setting agar repeater tersebut dapat memancarkan ulang sinyal wifi tersebut. Di jamin deh, sinyal wifi dan coverage nya akan bertambah kencang dan luas.

#2. Lepaskan soft case / kondom HP

Secara teknis, sinyal wifi dapat terganggu kualitas dan stabilitasnya karena adanya pembatas antara penerima sinyal wifi dengan pemancar sinyal wifi, termasuk soft case atau kondom hp yang sering kita gunakan untuk melindungi hp kesayangan kita dari bahaya benturan atau kecipratan air.

Oleh karena itu, jika kamu kesulitan mendapatkan sinyal wifi full bar, cobalah untuk melepaskan terlebih dahulu soft case di hp yang sedang kamu gunakan. Oh iya, cara ini juga efektif untuk memaksimalkan kualitas sinyal GPS yang diterima oleh perangkat hp.

#3. Ganti antena internal wifi pada laptop

Kualitas antena internal penerima sinyal wifi pada laptop juga bisa berpengaruh pada kualitas sinyal wifi pada laptop. Terkadang ada laptop yang memiliki antena wifi internal yang berkualitas jelek, sehingga tidak maksimal pada saat beroperasi dan menerima sinyal wifi.

Cobalah konsultasikan di service center laptop terdekat, dan jika memungkinkan mintalah teknisinya untuk meng-upgrade antena intenal wifi laptop tersebut dengan antena internal yang lebih mumpuni.

#4. Alumunium foil mungkin bisa membantu

Tidak punya modal atau memiliki budget terbatas? Tidak masalah! Kamu bisa menggunakan lembaran alumunium foil atau kaleng bekas minuman ringan / minuman bersoda untuk memperkuat sinyal wifi.

Potong bagian atas dan bawah kaleng, kemudian ratakan membentuk plat. Sobat bisa menggabungkan beberapa plat kaleng dengan menggunakan lem super, sehingga ukuran platnya bisa lebih lebar.

Letakkan lembaran alumunium foil atau plat dari kaleng tersebut di dekat perangkat kamu โ€“ entah di samping, di bawah atau di atas perangkat sampai mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Alumunium foil atau plat kaleng bisa membantu untuk mengumpulkan sinyal dan memantulkannya kembali ke arah perangkat hp atau laptop yang kamu gunakan.

Demikianlah cara memperkuat sinyal wifi di laptop atau handphone yang dapat sobat lakukan sendiri di rumah. Semoga bisa membantu kamu yang sering kerepotan untuk mendapatkan sinyal wifi yang full bar / kencang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *